Hari Pertama UNBK, Siswa di Bekasi Kesulitan Jawab Soal Bahasa Indonesia

Bekasi – Seluruh siswa SMP di Indonesia melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin (22/4/2019).

Mata pelajaran di hari pertama UNBK yakni Bahasa Indonesia.

Secara umum siswa SMP di Kota Bekasi mengaku soal UNBK Bahasa Indonesia cukup mudah, tetapi ada satu soal yang mereka sulit menjawabnya yaitu perbandingan dan perbedaan teks.

“Gampang si engga susah susah bangat soal Bahasa Indonesia. Masih bisa kejawab, cuman perbandingan dan perbedaan teks susah,” kata Ceparas Naufal (14) siswa SMPN 11 Arenjaya, Bekasi Timur, Senin (22/4/2019).

Naufal mengatakan Bahasa Indonesia ada 50 soal, satu soal dirinya bisa mengerjakan 1 hingga 3 menit. Tetapi untuk soal perbandingan dan perbedaan teks butuh waktu 5 menit lebih.

“Pusing itu doang perbandingan dan perbedaan teks, saya lewatin dulu jadinya,” ujarnya.

Begitu juga dengan Hernanda (14) siswa SMP di Kota Bekasi, mengaku kesulitan menjawab soal perbandingan dan perbedaan teks.”Susah disitu doang, pertanyaan ngejebak dan harus teliti,” ucapnya.

Ia mengungkapkan soal yang ada di UNBK tidak jauh dari materi sekolah yang dipelajarinya.”Ada semua soalnya kok, engga jauh beda juga sama beberapakali try out. Semoga saja hasilnya memuaskan, nilainya bagus,” katanya.

Keduanya juga tak mempermasalahkan sempat molornya waktu dimulai UNBK.”Iya tadi sempat lama mulainya, baru mulai jam 08.20. Engga ganggu si, biasa aja. Tadi sambil nunggu buka buku belajari dulu,” ujar mereka.

Untuk diketahui, sebanyak 31.455 siswa tingkat SMP di Kota Bekasi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (22/4/2019).

Jumlah siswa itu ditotal dari 49 SMP Negeri, 221 SMP swasta dan 5 SMP terbuka yang ada di Kota Bekasi.

Adapun mata pelajaran UNBK dihari pertama yakni Bahasa Indonesia.

UNBK juga terbagi menjadi tiga sesi yakni sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB, sesi kedua 10.30 hingga 12.30 WIB dan sesi ketiga 14.00 hingga 16.00 WIB.

Sementara untuk hari kedua Selasa 23 April mata pelajaran Matimatika, Rabu 24 April mata pelajaran Bahasa Inggris dan Kamis 25 April mata pelajaran IPA. (man). 

Pos terkait