Lomba Online Kreasi Ansambel Musik Nusantara 2024

BEKASI – Dibuka untuk umum, ayo ikut lomba online kreasi Ansambel Musik Nusantara 2024 yang digelar oleh, Wonderful Indonesia, Smiling West Java, Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi bersama Yayasan Adam Hawa Siliwiangi.

Pendaftaran dimulai 22 April hingga 30 Juni 2024 dengan materi lomba terdiri dari satu lagu yang semuanya dalam format ansambel campuran.

“Lomba Online Kreasi Ansambel Musik Nusantara 2024, dibuka untuk umum peserta bisa mendaftar dari seluruh Indonesia,”ungkap Reza Gusfati Zulwendra sebagai Ketua Panitia Penyelenggara, Sabtu 11 Mei 2024.

Dikatakan bahwa lomba online kreasi Ansambel ini, diinisiasi oleh Ketua Yayasan Adam Hawa Siliwangi. Disparbud Kota Bekasi, Wonderful Indonesia dan Smiling Wwest Java, sifatnya hanya sebagai pendukung berjalan suksesnya kegiatan tersebut.

Materi lomba terdiri dari satu lagu yang semuanya dalam format ansambel campuran seperti peserta memainkan satu lagu daerah nusantara atau pop daerah.

Untuk hasil video dikirim ke emailinfo.adamhawasiliwangi@gmail.com.

Ketentuan Peserta Lomba;

  • Mengisi Formulir pendaftaran online
  • Penyajian Ansambel Campuran dengan mempertimbangkan aspek kwalitas musik materi, kekompakan, harmonisasi, komposisi performa dan keahlian
  • Pembawaan lagu dari balancing tempo, ekspresi dinamika
  • Penggunaan Kostum
  • Latar belakang video warnanya netral dan tidak termasuk dalam peninilaian
  • Video memiliki aspek rasio 16’19/landscape dan direkam hanya dari sisi depan durasi minimal 5 (Lima) menit
  • Judul di video Ansambel musik Nusantara 2024
  • Diakhir video ditulis nama group atau sekolah, kota/kabupaten Provinsi.

Ansambel campuran dalam lomba kreasi nusantara 2024 ini, digelar dalam rangka mensosialisasikan berbagai alat musik kepada peserta nasional.

Alat musik ini berasal dari akar kearifan lokal maupun modern yang menjadi bagian budaya populer di tengah masyarakat, mengenal keragaman alat musik nasional dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai kekhasannya.

Yayasan Adam Hawa Siliwangi, memandang hal ini penting agar kebudayaan leluhur bisa dapat dikenal dan generasi penerus bisa mempunyai rasa memiliki yang tinggi.

Sehingga mereka dapat memahami dan mengeksplorasikan keberagaman alat musik warisan leluhur tersebut. Harapannya mampu menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan budaya leluhur bangsa Indonesia.

Dia berharap harapannya akan ada kesadaran berkebudayaan dan berkesenian yang menjadi modal dasar untuk bersaing di era modern digitalisasi secara global.***

Pos terkait