Tips Berpuasa di Bulan Ramadhan 2024

ilustrasi

TEROPONGINDONESIA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI secara resmi telah mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1445 H/2024 jatuh pada besok, Selasa 12 Maret 2024. Arti besok jadi hari pertama puasa.

Sementara Muhammadiyah hari ini, 11 Maret 2024 jadi hari pertama puasa. Tahun ini ada perbedaan terkait hari pertama puasa antara Muhammadiyah dan NU.

Umat Islam di seluruh dunia sudah bersiap untuk melaksanakan ibadah puasa. Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan waktu untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda menjalani puasa Ramadhan dengan lebih baik:

  1. Niat Puasa.
    Niat adalah syarat utama dalam berpuasa. Ucapkan niat puasa pada malam hari sebelum fajar tiba, yang berbunyi:

Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

  1. Jadwal Makan Sahur dan Berbuka.
    Pastikan untuk makan sahur tepat waktu dan tidak melewatkan waktu berbuka. Makan sahur di akhir waktu mendekati imsak dan berbuka puasa segera setelah waktu maghrib tiba.
  2. Asupan Nutrisi yang Seimbang.
    Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka untuk menjaga stamina selama berpuasa. Pilihlah makanan yang mengandung protein, serat, dan cukup karbohidrat.
  3. Tetap Produktif.
    Meskipun berpuasa, usahakan untuk tetap produktif. Buatlah to-do list untuk mengatur kegiatan sehari-hari, termasuk ibadah dan kegiatan sosial.
  4. Hidrasi Tubuh.
    Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang mengandung kafein karena dapat meningkatkan rasa haus.
  5. Istirahat yang Cukup.
    Tidur yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan. Usahakan untuk tidur lebih awal dan manfaatkan waktu siang untuk istirahat sejenak jika memungkinkan.
  6. Aktivitas Fisik Ringan.
    Lakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau stretching untuk menjaga kebugaran tubuh.

Dengan mempersiapkan diri dan mengikuti tips-tips di atas, semoga puasa Ramadhan Anda tahun ini akan berjalan dengan lancar dan penuh berkah. Selamat menjalankan ibadah puasa!.***

Pos terkait