Caleg Gerindra Kota Bekasi Disebut Terancam Gugur, TBS Ketua Baru Beri Jawab Menohok

Kepengurusan baru DPC Gerindra Kota Bekasi saat menerima KPU Kota Bekasi dan Staf teknis dalam undangan Verifikasi pengurus Ketua Baru DPC Gerindra Kota Bekasi yakni Tahapan Bambang pada Rabu 27 Desember 2023- foto Istimewa
Kepengurusan baru DPC Gerindra Kota Bekasi saat menerima KPU Kota Bekasi dan Staf teknis dalam undangan Verifikasi pengurus Ketua Baru DPC Gerindra Kota Bekasi yakni Tahapan Bambang pada Rabu 27 Desember 2023- foto Istimewa

KOTA BEKASI – KPUD Kota Bekasi menegaskan bahwa pergantian kepengurusan pada Partai Gerindra melalui Surat Keputusan (SK) terbaru masih dalam tahap kajian dan verifikasi.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bekasi, yang baru, Tahapan Bambang Sutopo (TBS) menantang semua pihak yang mempersoalkan kepengurusan partainya melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, struktur pengurus baru bisa diakses melalui sistem tersebut.

“Semua diserahkan ke KPU, lihat di Silon-nya saja,” katanya saat dikonfirmasi di Gedung DPRD Kota Bekasi, Jumat (29/12/2023).

Dikatakan Bambang, perubahan struktur dalam Silon adalah domain DPP Partai Gerindra. Sehingga segala perubahan struktur dapat dilihat oleh siapapun.

“Kalau menganggap DPC Partai Gerindra masih pengurus yang lama, Artinya tidak  melihat Silon. Namun mengenai kapan terjadinya perubahan dalam Silon, saya memang tidak tahu karena itu wewenang pusat,” katanya.

Mengenai adanya pelaporan yang menganulir SK DPC Gerindra Kota Bekasi tidak sah, Tahapan Bambang menjelaskan pihaknya tidak mengetahui hal itu.

Dia menegaskan sejak menerima SK dari pusat, langsung diserahkan ke KPU untuk keperluan administrasi Pemilu 2024.

“Saya enggak tahu ada yang lapor. Tetapi saya tidak bisa menjelaskan semuanya disini ya. Karena itu (SK) keputusan DPP. Saya kaget juga terima itu, saya awalnya enggak tahu dan ada yang lebih berwenang dari saya,” kilahnya.

Sebelumnya KPU Kota Bekasi telah melakukan verifikasi dan tengah mengkaji terkait SK kepengurusan terbaru partai Gerindra.

“Berkaitan dengan hal tersebut, KPU Kota Bekasi masih dalam tahap melakukan kajian, dikarenakan SK Kepengurusan terbaru Partai Gerindra masih dalam tahap verifikasi,”ungkap Eli Ratnasari, Divisi Teknis Penyelenggaraan pada KPUD Kota Bekasi dikonfirmasi Wawai News, Kamis 28 Desember 2023.

Eli, menegaskan berdasarkan kepengurusan baru DPC Partai Gerindra Kota Bekasi, masih dalam tahap melakukan kajian oleh KPU. KPUD Kota Bekasi sudah melakukan verifikasi beberapa waktu lalu setelah mendapat laporan.

Ia pun membenarkan bahwa KPU Kota Bekasi, pada  15 Desember 2023 telah menerima pemberitaan terkait SK kepengurusan terbaru Partai Gerindra Kota Bekasi.

“Berkait dengan hal KPU Kota Bekasi melakukan verifikasi administrasi dan faktual dalam rangka memastikan keabsahan dan kebenaran SK tersebut, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Surat Keputusan nomor 1365 Tahun 2023,”tegasnya.

Sebelumnya Staf Ahli Bawaslu RI Ali Mahyail mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Bekasi diingatkan untuk berpegang pada data sistem informasi partai politik (SIPOL) sehingga tidak terburu-buru dalam menetapkan SK Baru.

“KPUD harus dengan seksama melakukan verifikasi, selain itu juga harus berpegang pada SIPOL KPU RI, selama sipol belum berubah, KPUD Kota Bekasi jangan terburu2 menetapkan SK baru,”tegas Ali Mahyail kepada Wawai News, Kamis (28/12/2023).

Dia pun menegaskan tidak ada istilah gugur seperti yang diungkapkan Kubu ketua R.Eko Setyo Pramono yang diwakili oleh pengurus Relawan Rumah Besar Prabowo Rio Kurniawan menyebut kondisi tersebut membuat adanya dualisme kepengurusan DPC Gerindra Kota Bekasi.

“Kan waktu verfak, SK Tahapan Bambang belum di laporkan ke KPUD Kota Bekasi. Tapi SK Raden Eko yang terdaftar saat pelaksanaan verifikasi faktual selaku ketua sebelumnya,”ungkap Ali.***

Pos terkait