135 Imigran Rohingya di Kantor Gubernur Aceh Dipindahkan

135 imigran Rohingya berada di Taman Ratu Safiatuddin setelah dipindahkan dari depan kantor Gubernur Aceh.

BANDA ACEH, TEROPONGINDONESIA.COM – Relawan Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) memindahkan 135 imigran Rohingya dari depan kantor Gubernur Aceh ke Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Senin, (11/12/2023)

135 imigran Rohingya tersebut ditempatkan sementara di halaman lapangan Skateboard di taman tersebut.

Bacaan Lainnya

Salah seorang warga Kecamatan Kuta Alam, Arif Munandar, meminta pemerintah dan UNHCR segera memindahkan para imigran Rohingya tersebut dari Taman Safiatuddin.

Arif mengaku khawatir akan terjadi kericuhan ulah imigran Rohingya tersebut. “Tidak tahu ini, ini mau segera dipindahkan, banyak terjadi pemerkosaan, kerusuhan dan kriminal, dan juga banyak masyarakat Aceh yang perlu di bantu dan ini yang membuat masyarakat menolak,” kata Arif Munandar.

Warga, kata Arif, masih menunggu pihak UNHCR untuk pemindahan imigran Rohingya tersebut. “Udah kita bincangkan baik baik, tapi kita tunggu dulu karena biar tidak terjadi anarkis, kita boleh membenci tapi kita ingat pada dasarnya mereka juga manusia,” kata Arif.

Sebelumnya, 135 imigran Rohingya yang ditolak warga untuk ditempatkan di Scout Camp Pramuka Seulawah dibawa kembali ke kantor Gubernur Aceh, di Banda Aceh. Saat ini para imigran Rohingya tersebut diamankan sementara di depan pagar kantor Gubernur.

Pantauan Senin, 11 Desember 2023, tempat pengamanan sementara imigran Rohingya tersebut telah dilingkari police line dan mereka tidak diperbolehkan keluar dari batas yang telah di police line tersebut.

Salah seorang Satpam kantor Gubernur Aceh, Meidy Johnson, mengatakan para imigran Rohingya tersebut tiba kembali di kantor Gubernur sekitar pukul 01.30 WIB.

“Sebelumnya mereka telah dibawa ke Scout Camp Pramuka Seulawah namun ditolak dan dibawa kemari lagi,” kata Meidy.***

 

Pos terkait