Ciptakan Kualitas Udara Sehat, Pemkot Bekasi Tanam 150 Pohon

BEKASI, TEROPONGINDONESIA.COM -Sebagaimana instruksi  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bahwa daerah Jabodetabek merupakan suatu daerah khusus yang membutuhkan ruang terbuka hijau dalam rangka menjaga kualitas udara yang bersih dan sehat.

“Pada hari ini kita bersama-sama dengan bapak Presiden melaksanakan penanaman pohon bersama se-jabodetabek guna dalam rangka menciptakan kualitas udara pada masing-masing kabupaten – Kota akan lebih baik lagi,”ucap kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Yudianto, Rabu (29/11/2023) di Halaman GOR Chandrabaga kota Bekasi.

Yudianto menjelaskan upaya untuk menciptakan sirkulasi oksigen dilakukanlah penanaman pohon, apalagi saat kemarin terjadi pencemaran terjadi penurunan kualitas udara.

Namun diakuinya, terkait dengan Ruang terbuka hijau (RTH), posisinya memang sekarang masih sangat kecil sekali apalagi kota Bekasi merupakan daerah yang memiliki tingkat perkembangan sangat pesat dengan luas 210 km² dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,5 juta jiwa.

“Ini tingkat kepadatan di Kota Bekasi sudah sangat padat sekali, oleh karena itu dibutuhkan dalam rangka menciptakan kondisi-kondisi yang lebih sejuk yang lebih rapi dan lebih tertata di Kota Bekasi.”ucapnya.

Untuk itu pinta Yudianto, dibutuhkan koordinasi dan sinergitas dengan stakeholder baik itu dinas terkait,para pelaku usaha terkait dengan penciptaan penciptaan ruang terbuka hijau yang ada di kota Bekasi.terangnya.

“Di butuhkan kesadaran bagi masyarakat bagi para pengembang dari para pelaku usaha bagaimana untuk menyisakan ruang terbuka buka hijaunya pada masing-masing tempat dengan penanaman penanaman pohon yang memiliki tingkat kualitas penyerapan oksigennya banyak.” harap Yudianto.

Upaya dari pemerintah kota Bekasi kata dia bahwa pihaknya melakukan pendataan pemetaa terkait dengan aset-aset, fasos fasum yang ada di kota Bekasi terutama juga yang ada di perumahan-perumahan.

“Itu kita ambil dan juga kita ciptakan lingkungan-lingkungan kemudian kita buat tamannya dan diisi dengan ruang terbuka ruang terbuka hijau dan tidak digunakan untuk pembangunan pembangunan yang bersifatnya betonisasi ataupun aspal.”paparnya.

Pada saat ini pohon yang kita tanam kurang lebih hampir ada sekitar 150 pohon, tapi kemungkinan nanti juga pihaknya koordinasi dengan kementerian LH.

“Beliau (Kementeeian) memberikan 100.000 pohon lagi kepada kota Bekasi. adapun untuk titiknya nanti kita lakukan packing pemetaan terkait dengan penyebaran penanaman pohon yang ada di kota Bekasi,”pungkasnya. (yan)

Pos terkait