Begini Penampakan Kertas Suara Pemilihan Presiden Pemilu 2024

contoh kertas suara untuk Pilpres 2024
contoh kertas suara untuk Pilpres 2024

TEROPONGINDONESIA.COM – Design surat suara untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sudah resmi dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum.

Bahkan, KPU RI mencetak surat suara Pilpres 2024. Rencananya, pada 6-23 Desember 2023, surat suara itu akan didistribusikan secara bertahap ke tempat pemungutan suara (TPS).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan gambar yang di publikasikan resmi oleh KPU total ada tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

Nomor urut 1 pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, nomor urut 3 pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Dalam kertas suara resmi untuk Pilpres itu terlihat pasangan Anies-Cak Imin mengenakan setelan jas lengkap dengan peci hitam.

Semenata pasangan Prabowo-Gibran mengenakan kemeja biru. Lalu Ganjar mengenakan kemeja hitam dan Mahfud kemeja putih serta peci hitam.

Di bagian atas terdapat lambang KPU RI. Lalu di bawah gambar pasangan calon itu terdapat partai-partai politik pengusung.

Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan desain surat suara itu telah disetujui semua pihak. Dia menyebut selanjutnya akan masuk percetakan, penyortiran, dan distribusi.

“Sudah disetujui, berikutnya masuk proses di percetakan,” ujar Drajat.

KPU sebelumnya mengungkapkan surat suara Pilpres 2024 untuk luar negeri telah terpenuhi 100 persen. Saat ini, KPU tengah dalam proses pelipatan dan sortir.

“Surat suara pemilu di luar negeri, surat suara pemilu presiden sudah dipenuhi 100 persen. Sekarang sedang proses pelipatan, sortir. Mulai 6 Desember sampai 23 Desember akan dikirimkan secara bertahap,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

“Demikian juga surat suara pemilu DPR RI yang mewakili dapil Jakarta II juga sudah 100 persen dicetak dan prosesnya sama dengan pilpres, sedang dalam proses sortir, lipat, dan packing untuk disiapkan pemberangkatan,” sambungnya.

Surat suara itu, kata Hasyim, akan dikirim ke 16 wilayah di Afrika, 11 wilayah di Amerika Latin, 9 wilayah di Amerika, dan 29 wilayah di Eropa.***

 

Pos terkait