Kemitraan Antara Gereja HKI dan Gereja Onnuri Korea Selatan Ditandatangani

Kota Bekasi – Rapat Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) MOU antara Gereja HKI dan Gereja Onnuri Korea Selatan, Pada Hari Kamis, 20 Juli 2023, di ruang Konsistori HKI Bekasi, Jl Pulau Sumatera Raya No 1 Aren Jaya Bekasi Timur kota Bekasi, Jawa Barat.

Kemitraan antara Gereja HKI dan Gereja Onnuri yang telah ditandatangani tanggal 21 Juni 2023 di Seoul kemarin juga telah diikuti Kemitraan dengan Lembaga-lembaga Pelayanan Gereja Onnuri yang telah dikunjungi pada tanggal 20-28 Juni 2023 yang lalu, antara lain:

1. BEE (Biblical Education by Extension)

2. Grace and Mercy Foundation. Salah satu program yang sedang berjalan adalah GEBADA (Gerakan Baca Dengar Alkitab – Public Reading Scripture).

3. Jeonju University.

4. Acts 29 Village. Pusat pelatihan Misi Onnuri.

5. Tyrannus International Mission (TIM).

6. M Center. Pusat pelayanan Onnuri bagi warga negara luar di Korsel. Termasuk Masyarakat Diaspora Indonesia di Korsel.

7. Lembaga Better World. NGO milik Onnuri yang juga terkait Misi kemanusiaan.

8. Lembaga SWIM. Badan Misi Onnuri khusus melalui Dunia Maya (Digital)

9. Kantor Pusat CGN Korea

10. Torch Trinity Graduate University Kampus Sekolah Tinggi Teologia milik Onnuri.

Rapat diawali penjelasan dari St. Drs. YM Hutagalung, MM selaku Ketua Kemitraan tentang begitu besarnya peluang kerjasama yang dapat dilakukan dengan Gereja Onnuri. Salah satu yang dapat dilakukan adalah Transfer Knowledge dan Transfer Pengalaman dalam pengelolaan Gereja dengan Management yang baik.

Kemudian dalam Presentase Laporan Kunjungan Kemitraan dan Peluang Kerjasama yang dapat dilakukan baik dengan Gereja Onnuri maupun dengan Lembaga Pelayanan yang telah dikunjungi, Pdt. Happy Pakpahan menjelaskan Kemitraan yang bersifat sejajar ini sangat terbuka untuk kerjasama dibidang IT, Pendidikan Teologi dan Umum bagi warga HKI, kerjasama pembinaan dan Pelatihan tenaga Misi, pengembangan pelayanan Misi melalui dunia Digital, kerjasama misi Kemanusiaan dll. HKI mau tidak mau harus berbenah dalam pengelolaan Departemen dan Lembaga lainnya untuk penerapan program bersama.

Di dalam Rapat Pucuk Pimpinan sangat mengapresiasi Kunjungan Kemitraan yang telah dilaksanakan. Dan menetapkan Rapat lanjutan akan dilaksanakan secara intensif untuk membahas strategi dan menyiapkan SDM dan Lembaga yang diperlukan dalam melaksanakan tindak lanjut Kemitraan ini.

Hadir dalam Rapat Pdt. Firman Sibarani (Ephorus HKI), Pdt. Hotman Hutasoit (Sekretaris Jenderal HKI), Delegasi Kemitraan HKI dalam MOU Pdt. Happy Pakpahan (Pengarah Kemitraan/Praeses HKI Daerah XII), St. Drs. YM Hutagalung, MM (Ketua Kemitraan), St. Poltak Hutasoit, SE.Ak, MM (Sekretaris Kemitraan), Pdt. Meri Hutapea (Pembina PPR), St. LMA Br. Sitompul, SH, MKn (Ketua PPR, Ketua Program GEBADA HKI) serta Pdt. Suan Dame Siahaan (Pdt Res Bekasi/ Kemitraan) dan Pdt. Widya Sinaga (Pdt HKI Pondok Gede/Kemitraan).

Turut hadir bersama Pucuk Pimpinan Jajaran Kepala Departemen dan perwakilan para Pendeta yang diharapkan dapat berpartisipasi dalam menindaklanjuti MOU, seperti Pdt. Olbiner Samosir (Kepala Departemen Diakonia), Pdt. Harianto Harianja (Kepala Departemen Umum), Pdt. M. Lumbangaol (Praeses Daerah VII), Pdt. Japenri Tambunan, Pdt. Roy Simaremare, Pdt. Ewen Silitonga, Pdt. Pimpinan Brades Sijabat, Pdt. Ferdianto Tumanggor dan Pdt. Jandiman Pasaribu.

Kita doakan Kemitraan ini dapat berjalan dengan baik dan melaksanakan Program-program yang menjadi berkat bagi orang banyak. (yanso)

Pos terkait