Plt Wali Kota Bekasi Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kinerja ASN

Bekasi – Bertempat di Graha Artha Madani Bekasi Selatan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto buka kegiatan Peningkatan Kapasitas Kinerja ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi TA 2023 Dalam Penyusunan Dokumen Human Capital Development Plan (HCDP).

Dalam sambutannya Plt Wali Kota Bekasi mengatakan rapat konsolidasi tersebut bertujuan untuk menyatukan langkah dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Sehingga diharapkan kebijakan dalam pengembangan SDM kedepannya akan lebih sistematis dan terintegrasi serta sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan Badan Kepegawaian Negara serta peraturan perundang-undangan lainnya di bidang manajemen ASN.

Bacaan Lainnya

“Manajemen ASN berbasis pada sistem mensyaratkan ASN yang menduduki jabatan tertentu harus memenuhi kualifikasi dan kompetensi dari jabatan tersebut.” ujar Tri Adhianto.

Baca Juga : Disketapang Kota Bekasi dan DMI Gelar Pelatihan Manajemen Qurban dan Fiqih Sembelih

Lebih jauh Tri menjelaskan, seorang ASN harus memiliki tiga jenis kompetensi yaitu kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural dalam menjalankan tugas jabatannya.

Ia juga mengatakan pengembangan kompetensi harus berfokus pada upaya mengisi kesenjangan atau gap antara kondisi ASN saat ini dengan kondisi yang dipersyaratkan dalam Standar Kompetensi Jabatan untuk jabatan yang diemban oleh ASN tersebut. Usaha untuk mengisi gap dapat dilakukan melalui pengembangan kompetensi dengan cara klasikal dan non klasikal.

Tambahnya lagi, setiap ASN mempunyai hak untuk pengembangan kompetensi dalam setahun.

Selanjutnya. para peserta kegiatan yang merupakan ASN Kota Bekasi yang menjadi perwakilan dari fungsi-fungsi, dikumpulkan dalam kelompok-kelompok kecil untuk kemudian ditugaskan untuk mengisi instrumen untuk memetakan pengembangan kompetensi setiap ASN di lingkungan fungsinya sehingga dapat memenuhi kompetensi minimal yang dipersyaratkan dalam tugas jabatannya.

Tri Adhianto juga menyampaikan bahwa terkait pengembangan SDM, Pemkot Bekasi terus mendorong agar kinerja pegawai semakin meningkat, akan terus mendukung pengembangan kompetensi dan kualifikasi akademik.

Dirinya berharap kedepannya seluruh pegawai, bukan hanya ASN tetapi PPNPN juga harus memenuhi kompetensi minimal jabatannya. (hms)

Pos terkait