Terhambat Verifikasi Data, Program Bantuan Perlinsos Akan Segera Dicairkan

Foto ils

Bekasi – Program bantuan Perlindungan Sosial (Perlinsos) bagi warga miskin di Kabupaten Bekasi rupanya masih belum bisa disalurkan. Pasalnya, bantuan Perlinsos ini masih terhambat proses verifikasi data terhadap calon penerima manfaat dan lokasinya

Perlinsos yang rencana awalnya disalurkan mulai Oktober lalu rupanya mengalami keterlambatan tak kunjung terealisasi hingga awal Desember ini. Semula, Perlinsos ini digulirkan bagi warga yang terdampak kenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku penyaluran Perlinsos ini terkendala verifikasi administrasi. Validasi data penerima Perlinsos ini terus dilakukan untuk memastikan program tepat sasaran.

Dani Ramdan mengatakan beberapa data penerima telah selesai diverifikasi dan masih terdapat data-data lainnya yang masih dalam proses.

“Perlinsos ternyata panjang prosesnya terutama pada verifikasi calon penerima dan calon lokasi, ada yang baru tuntas, ada yang masih proses,” tutur Dani Ramdan.”Akan tetapi, terus kami kejar agar segera diterima warga sesuai peruntukannya,” tambahnya.

Dani Ramdan mengakui seharusnya program Perlinsos ini sudah dirasakan manfaatnya sejak beberapa pekan lalu dan disalurkan dalam dua fase. Namun karena keterlambatan ini, Perlinsos tersebut nantinya akan disalurkan sekaligus pada penerima.

“Maka akan disatu kalikan. Sehingga yang tadinya akan diluncurkan sejak September-Oktober, lalu nanti tahap kedua November-Desember maka akan disekaliguskan jadi empat bulan dibayarkan sekaligus,” ucap dia.

Kendati demikian, Dani Ramdan kembali memastikan tidak semua Perlinsos terhambat. Beberapa penerima manfaat Perlinsos dari sektor pekerja layanan kemasyarakatan telah menerima bantuan tersebut, antara lain marbot masjid dan guru agama.

“Ada yang sudah disalurkan seperti pekerja layanan kemasyarakatan seperti marbot masjid dan guru ngaji sudah disalurkan,” ucap dia.

Kemudian, penyaluran bagi penerima manfaat lainnya akan direalisasikan pada pekan kedua Desember ini.“Di luar itu masih belum disalurkan, meski beberapa sudah selesai verifikasinya, sudah taraf SK, ada yang penyiapan nomor rekeningnya. Paling telat minggu kedua Desember,” tegasnya. (put)

 

Pos terkait