Menag Yaqut Pastikan Gereja Bisa ‘Full Tank’ Buat Perayaan Natal, Nggak Ada Pembatasan

Jakarta – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa perayaan hari raya Natal tahun ini tidak akan ada pembatasan. Menurutnya, saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia sudah level satu.

“Pelaksanaan ibadah juga tidak ada pembatasan. karena menurut instruksi Kemendagri PPKM sudah level satu semua. artinya sudah dilakukan kebebasan-kebebasan yang terukur,” katanya kepada awak media di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Jumat (16/12/2022).

Bacaan Lainnya

Maka, ia menegaskan jika gereja-gereja yang menyelenggarakan ibadah natal bisa menampung hingga kapasitas maksimal. Namun, Ketua Umum GP Ansor ini juga mengingatkan tidak ada yang beribadah sampai di luar gereja.

“Untuk tempat ibadah kita batasi maksimal 100 persen. artinya tidak boleh ada tempat ibadah yang melaksanakan ibadah natal nanti membuat tenda-tenda diluar untuk peribadatan. Ini yang saya kira penting dalam perayaan natal,” ucapnya.

Baca Juga : Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi Kritik Kebijakan Pemkot Bekasi Cegah Inflasi

Hal senada juga ditekankan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyebut sekarang PPKM sudah level satu. Maka, Listyo mengimbau jamaah tidak beribadah di luar gereja.

Terkait pengamanan, Mantan Kabareskrim Polri ini mengungkapkan bakal menerjunkan personil. Bahkan juga mengajak ormas-ormas untuk memastikan ibadah berjalan damai.

“Terkait dengan keamanan kami sudah sepakat bahwa selain TNI, Polri maka dari unsur-unsur masyarakat ormas, teman-teman dari Banser, Gp Ansor, dan lain tadi akan ikut sehingga kemudian penyelenggaraan ini betul-betul bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Walaupun tentunya tim dari kami dari Densus 88 juga tetap waspada sehingga seluruh rangkaian kegiatan khususnya kelayakan ibadah malam natal, tahun baru semuanya berjalan dengan baik,” pungkasnya. (*)

Pos terkait