Akhir Pekan, Dua Festival Nasional untuk Wisatawan Digelar di Cianjur

Cianjur – Dua festival berskala nasional akan digelar di Cianjur Jawa Barat dalam rangka menarik minat dan memperpanjang masa inap wisatawan di akhir tahun. Dua festival itu adalah festival bunga dan seni budaya Maenpo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Cianjur Pratama Nugraha mengatakan kedua festival tersebut akan digelar pada November dan Desember sebagai upaya mendongkrak kembali angka kunjungan yang ditargetkan dapat mencapai 1,9 juta selama satu tahun. Sampai akhir September 2022, angka kunjungan wisatawan ke Cianjur sudah mencapai 70 persen lebih atau 1,5 juta orang wisatawan

Bacaan Lainnya

“Di akhir tahun kita targetkan angka tersebut akan lebih ketika digelar-nya dua festival berskala nasional,” kata Pratama, Minggu, (9/10/2022).

Baca Juga : Besaran Sanksi Denda 14 Pelanggaran saat Operasi Zebra

Menurut Pratama, festival bunga akan digelar di wilayah Cianjur utara, tepatnya di Kecamatan Cipanas sebagai upaya mendongkrak wisatawan dalam dan luar negeri. Sedangkan festival seni budaya Maenpo akan digelar di pusat kota Cianjur, tepatnya di Taman Alun-alun Cianjur. Maenpo adalah seni bela diri khas Cianjur

Dari dua festival itu, Pratama menargetkan ada 800 ribu wisatawan yang akan datang. Para wisatawan juga bisa sekaligus berburu beragam produk UMKM khas Cianjur dan mendapatkan informasi soal tempat wisata baru di daerah itu.

Menurut Pratama, para pelaku wisata di daerahnya akan dilibatkan untuk memberikan beragam promosi bagi wisatawan sehingga wisatawan bisa berlama-lama di Cianjur. “Kita perkirakan perputaran uang selama kegiatan festival bisa mencapai puluhan miliar, sehingga untuk tahun depan kita akan menaikkan target kunjungan 2,4 juta wisatawan berlibur ke Cianjur,” kata dia. (tem)

Pos terkait