Antisipasi PMK, Pemkot Bekasi Akan Pasang Stiker Sehat Dilapak Penjualan Hewan Kurban

Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi akan memasang stiker sehat pada ternak di lapak penjualan hewan kurban. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sehingga masyarakat dapat memilih hewan yang sehat untuk dijadikan hewan kurban.

“Dengan stiker tersebut artinya hewan kurban yang dijual telah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Tim Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi Ir. Wadi Rimal, MM, Senin, (20/6/2022).

Bacaan Lainnya

Wadi mengatakan Ini merupakan upaya pihaknya untuk penjaminan ketersediaan hewan kurban yang sehat dan layak dikonsumsi pada Idul Adha kali ini ditengah wabah PMK pada hewan ternak.

Ia tak menampik, merebaknya kasus PMK di berapa provinsi di Indonesia memiliki dampak ekonomi bagi peternak dan pedagang hewan kurban tidak terkecuali di Kota Bekasi. Namun Tim Kesehatan Hewan DKPPP Kota Bekasi akan terus berupaya agar ketersediaan hewan kurban yang sehat terjaga dan meminimalisir dampak ekonomi terhadap peternak.

Mengenai peredaran daging sapi di Kota Bekasi, Wadi menganjurkan agar masyarakat dapat membeli daging yang ternaknya dipotong di RPH Pemerintah Kota Bekasi untuk memastikan bahwa daging tersebut aman dan layak konsumsi karena pemotongannya diawasi oleh dokter hewan pemerintah sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Sapi yang dipotong di RPH itu diawasi oleh dokter hewan baik sebelum dipotong maupun setelah dipotong, sehingga prosesnya selalu terawasi” ungkapnya. (ton)

Pos terkait