Pergelaran Festival Beduk dan Malam Takbiran di JIS

Jakarta – Sejumlah masyarakat menghabiskan waktunya berkunjung ke Jakarta Internasional Stadium (JIS) untuk menyaksikan Festival Beduk pada Minggu (1/5/2022).

Mereka datang dari berbagai wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

Warga bernama Akbar mengungkapkan antusiasnya menghabiskan malam takbirannya di stadion yang terletak di Jakarta Utara ini.

“Saya datang dari Jakarta Barat, jauh-jauh untuk datang ke Festival Beduk ini,” kata Akbar saat ditemui di lokasi, Minggu.

Akbar menuturkan kebahagiaannya kembali dapat menghadiri acara pada malam takbiran ini, terlebih dua tahun sebelumnya tidak ada kegiatan apa pun karena persebaran Covid-19 yang saat itu tinggi.

“Seneng saya, ternyata di sini ramai banget, mungkin juga orang-orang antusias ya, karena tahun-tahun sebelumnya kita nggak ada kegiatan pas pandemi,” ungkapnya.

Akbar pun berharap, agar setelah kembali diizinkannya masyarakat untuk berkumpul, agar tidak melonjak kembali kasus Covid-19.

Di wawancarai terpisah, warga Kemayoran bernama Dini mengatakan, datang ke Festival Beduk ini bersama suami dan anaknya yang baru berusia satu tahun tujuh bulan karena ingin menghabiskan waktu bersama keluarga kecilnya

Kebetulan ini malam takbiran pertama untuk anak saya, jadi saya ajak lah dia biar ngerasain malam takbiran,” ujarnya sambil tertawa.

Dini menyampaikan rasa kagumnya terhadap bangunan stadion JIS yang telah berdiri tegak ini.

“Saya sebagai warga asli Jakarta, pasti bangga, Jakarta punya stadion seperti ini,” tuturnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Beduk bertepatan dengan malam menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta Internasional Stadium, Jakarta Utara, Minggu.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, total 30 beduk dikirim dari lima wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu untuk memeriahkan acara ini.

“Rampak beduk ini akan berkolaborasi membentuk satu kesatuan gerakan yang dikemas dengan baik pada saat pelaksanaan festival tabuh beduk malam takbiran,” ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Minggu. (01/5/2422).

Iwan menyampaikan, kelompok khusus penabuh beduk dihadirkan dan dilatih secara displin oleh seniman Betawi, Atien Kisam, untuk menampilkan keselarasan irama pada 30 bedug yang disiapkan. (tya)

Pos terkait