Razia Lapas Kelas II A Pematangsiantar, Aparat Gabungan Temukan Sajam

  • Whatsapp

Siantar – Aparat gabungan menggelar razia di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Pematangsiantar pada pukul 19.30 WIB. Hasilnya ditemukan sejumlah barang ilegal di di blok dan kamar para narapidana.

Razia melibatkan petugas lapas, TNI-POLRI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Pematangsiantar. Razia dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas II A Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH.

Bacaan Lainnya

Aparat gabungan menggeledah satu per satu blok tahanan guna memastikan tidak ada yang menyimpan narkoba, atau benda terlarang lainnya.

Setiap sudut blok sel para napi menjadi sasaran pemeriksaan serentak. Saat penggeledahan tidak ditemukan narkoba. Namun didapati sejumlah benda yang dilarang dibawa ke dalam sel.

Seperti HP sebanyak 14 unit, charger 2 buah, sendok yang ditajamkan hingga senjata tajam 5 buah.

Barang bukti hasil dari razia gabungan tersebut langsung dimusnahkan dengan cara dibakar yang disaksikan TNI-Polri, BNN.

Kepala Lapas II A Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH mengatakan, razia ini bertujuan untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam lapas agar bersih dari narkoba (Bersinar).

“Juga untuk melakukan deteksi dini pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban.”ujar Rudy kepada wartawan. Selasa, (6/4/2021).

Pihaknya juga lanjut Rudy, sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan BNN dalam rangka melaksanakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) sesuai dengan Intruksi Presiden No. 2 Tahun 2020.

“Ini membuktikan bahwa lapas Siantar serius membangun lapas menjadi lapas yang bersih dari Narkoba (Bersinar) dan siap bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya dalam hal memerangi Narkoba.

Razia ini turut dihadiri Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan benda sitaan, barang rampasan negara dan keamanan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Kriston Napitupulu Amd.IP, S.H, Kapolsek Bangun AKP L.S. Gultom, SH, Danramil, Petugas Lapas Kelas II A, Perwakilan BNN Kota Pematangsiantar. (yss)


Pos terkait