Punya Usaha Mikro tetapi Warga Pekayon ini Belum Pernah Dapat BLT UMKM

Foto. Ny Rifkah

Bekasi – Banyak pertanyaan diajukan seputar bantuan langsung tunai (BLT) untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dikucurkan pemerintah.

BLT UMKM atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) disalurkan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).Bantuan ini diberitakan untuk memberikan stimulus bagi pelaku UMKM yang terdampak virus corona.

Bacaan Lainnya

Namun hal tersebut belum juga dirasakan oleh Ny Rifah, warga Pekayon Kota Bekasi ini. Ia mengatakan sudah lama mengajukan UMKM, tapi sampai hari ini ia belum pernah mendapat bantuan. “Saya pernah ngajuin kira kira bulan September, tapi sampai saat ini belum ada dapat,” kata dia Sabtu, (23/1/2021).

Ia pun mengaku kurang mengetahui kenapa dirinya sama sekali belum mendapat bantuan tersebut. “Pas saya ngecek di hp, nama saya engga keluar, engga ada padahal saya sudah punya SKDU sebagai syarat syaratnya.” ucap pemilik warung makan ini.

Bahkan selama Covid kata dia, juga belum pernah dapat bantuan sosial sekalipun dari pemerintah. Padahal Domisili saya di Pekayon RT/03. “Kok yang lain dapat bansos, Kok saya engga “katanya lirih.

Foto. Rahmat

Lain halnya dengan Rahmat yang juga warga RT 02/08 Pekayon Indah Ini. Ia menuturkan sudah pernah mendapat bantuan BLT UMKM sebesar Rp2,4 juta.”Alhamdulillah, sudah pernah dapat sekali. Sukses.”ucapnya.

Dikatakannya, untuk mendapatkan bantuan, dia terlebih melengkapi persyaratan yang diminta oleh pemerintah. Salah satuynya surat keterangan domisili usaha (SKDU) yang sebelumnya sudah diurus ke kelurahan.

“Beberapa lama kemudian saya di SMS langsung dari BRI dan alhamdulilllah saya dapat. Bersih Rp 2,4 juta engga ada potongan.”ujarnya.

Ia pun mengaku sedikit terbantu telah mendapat bantuan BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah di saat kondisi Covid seperti ini “Saya sangat terbantu mas,” katanya. (jay)

Pos terkait