Perhutani Gandeng Kelompok LMDH Desa Karanganyar Tanam Pohon Kayu Jati

  • Whatsapp

Tegal –  Kuasa pemangku Hutan (KPH) balapulang dan Lembaga masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Karanganyar menanam pohon Jati dan pohon sengon pada areal seluas 3,9 hektar di kawasan hutan terutama dilahan garapan petani hutan di wilayah Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal.

“Penanaman pohon kayu jati dan pohon sengon Di petak 23 yang melibatkan LMDH Desa karanganyar sudah berjalan pada bulan November 2020 tahun kemarin sesuai Rencana Tanam Tahun (RTT),” kata Warjo, selaku Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Senin, (18/1/2021) ketika ditemui diruang kerjanya.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, jenis pohon yang di tanam biasanya berbeda – beda. Misalnya, tahun ini di fokuskan untuk jenis pohon jati atau sengon. Sedangkan bibit pohon jati tersebut diambil dari hasil persemaian Perhutani sendiri yang ada di daerah prupuk Margasari.

“Untuk satu bibit pohon jati jika kita ambil dari persemaian lain, di luar perhutani maka satu bibit pohon jati bisa diharga Rp 700 – Rp1500. Karena kita ambil dari persemaian perhutani jadi kita tidak bayar mas,”pungkasnya. (pandi).


Pos terkait