Cerita Babinsa Pekayon Jaya Bertugas saat Pandemi COVID-19

  • Whatsapp
Susul Budianto

Bekasi – Tim gabungan bersama bertugas untuk menangani COVID-19. Tim gabungan itu mulai dari pihak TNI, Satpol PP, Kepolisian untuk membantu atasi pandemi.

Di Kelurahan Pekayon Jaya, Bintara Pembina Daerah (Babinsa) menjadi salah satu petugas di garis depan dalam menjaga masyarakat saat pandemi COVID-19.

Bacaan Lainnya

Babinsa Pekayon Jaya, Susul Budianto mengakui bahwa tingkat kesadaran masyarakat di Kota Bekasi khususnya di Kelurahan Pekayon Jaya terhadap protokol kesehatan sudah sangat tinggi, akan tetapi masih saja ada ditemukan masyarakat yang memakai masker jika ada petugas saja.

“Orang itu sebenarnya ada masker tapi terkadang dikantongin bahkan makainya pun tidak benar.” kata Budianto saat berbincang bincang di kantornya. Selasa, (19/1/2021).

Maka itu kata dia, bersama tigar pilar termasuk kejaksaan dilakukan operasi yustisi. Operasi ini akan menindak warga yang melanggar protokol kesehatan, seperti tidak mengenakan masker.

“Tadi yang terjaring ada sekitar 15-20 warga, mereka rata-rata tidak menggunakan masker. Dan datanya ada di Kejaksaan sebab mereka yang berwenang menindaknya. Kalau kita kan sekedar membantu saja.”ujarnya.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, pihaknya juga rutin melakukan patroli keliling bersama tiga pilar di tempar tempat yang menjadi pusat kerumunan atau tempat tongkrongan yang ada diwilayah Keluharan Pekayon.

“Kalau ada laporan dari warga dimana ada kerumunan, kita langsung akan mendatangi tempat tersebut.” sebutnya.

Dikatakan, sebelum PPKM dilaksanakan, pihaknya sudah melakukan monitoring dan memberikan himbauan kepada para pelaku usaha untuk tetap mentaati surat edaran Wali Kota Bekasi tentang protokol kesehatan (Prokes).

“Mereka sangat setuju dan mendukung aturan Wali Kota. Namun, jika mereka tetap tidak patuh dan melanggar padahal kita sudah imbau, kita akan tutup.”tegasnya. (jay).


Pos terkait