Sejak April, Uji Kir dengan Smart Card Sudah Diberlakukan di Kota Bekasi

  • Whatsapp

Bekasi – Balai uji kir kendaraan bermotor dengan menggunakan smart card telah diberlakukan untuk menghindari kemungkinan terjadi kecurangan dalam melakukan uji kelaikan kendaraan (kir), kata Kepala UPT Pengujian Kir Dishub Kota Bekasi, Hadi Prabowo.

“Selama ini di lapangan sering ditemukan pemalsuan buku kir, Untuk menghindari itu, mulai April diberlakukan uji kir dengan mengggunkan aplikasi smart card Jadi kecurangan sangat kecil terjadi,”ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Kamis, (6/8/2020).

Bacaan Lainnya

Ketika diberlakukan, lanjut pria akrab disapa Bang Bowo ini, di dalam smart card akan terdapat data kendaraan dan identitas pemiliknya. Sepanjang tidak ada kebocoran dalam pendistribusian, kecil kemungkinan terjadi pemalusuan dan kecurangan.

“Sehingga dalam pendistribusiannya nanti tidak keliru, namun untuk kesiapan sumber daya manusia, kita terus lakukan.”ujarnya.

Meski begitu kata Bowo, tidak mudah menerapkan sistem smart card di Kota Bekasi, karena masih banyak oknum yang terus

Bowo menyakini dengan penerapan aplikasi smart card ini, bisa meminimalisir praktek kecurangan sejumlah oknum dengan melakukan pungli dan pemalsuan buku manual KIR.

“Sistem smart card kir ini sangat efektif untuk menangkal pungli dan pemalsuan buku, yang sering terjadi sebelum adanya sistem ini,” ujarnya.(ton)

Pos terkait