Empat Bacalon Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi Kembalikan Berkas Administratif

  • Whatsapp

Bekasi – Ketua Steering Commitee Musda DPD Golkar Kota Bekasi Maryadi mengungkapkan sejumlah nama yang telah mengembalikan formulir atau berkas pendaftaran bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Bekasi periode 2020-2025.

“Dari penjaringn beberapa calon, tercatat ada 4 nama yang sudah kembalikan berkas ke panitia komite yakni, Novel Saleh Hilab, TB. Hendra, Ade Puspita Sari dan Zainul Miftah dan,” kata Maryadi digedung DPD Golkar Rabu, (29/7/2020) saat menutup pengembalian berkas.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, secara teknis proses pemilihan bakal calon Ketua DPD Golkar berlangsung dalam tiga tahap. Tahap pertama, merupakan penjaringan bakal calon Ketua DPD  Tahap kedua virifikasi dan tahap ke tiga dukungan suara minimal 30 persen.

Selanjutnya, keempat calon ini akan di disampaikan undangan dan kemudian dilakukan verifikasi factual yaitu menyerahkan dukungan minimal 30% dari hak suara.

Ditempat yang sama, Rusman Fadilah, Komite verifikasi dan pengarah Musda menjelaskan, tahapan penjaringan bakal calon terdiri dari pengumuman, pendaftaran, verifikasi, hingga penetapan bakal calon.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah pengumuman. Bakal calon yang memenuhi persyaratan, selanjutnya mesti menyerahkan dukungan suara 30 persen dari jumlah pemilik suara yang ada sebagai syarat mencalonkan diri sebagai ketua DPD.

“Terhadap syarat tersebut, selanjutnya akan diverifikasi secara administratif dan faktual, untuk dicocokan dari pemegang hak suara,” terangnya.

Verifikasi dilakukan dengan dua sistem pertama Verifikasi secara administratif yaitu meneliti keabsaahan surat ; Kedua verifikasi secara factual dengan cara mengkofirmasi dan klarifikasi dukungan.

‘Keabsahan adminitrasi bisa kita pertanggungjawabkan maupun keabsahan factual itu dapat panitia pertanggung jawabkan secara berintegiritas,” kata Rusman.

Tahapan selanjutnya rapat pleno dan membuat berita Acara dan hasilnya akan diumumkan kembali. Jika semuanya syarat sudah terpenuhi, maka bakal calon yang mendaftar akan diitetapkan sebagai calon ketua DPD untuk dipilih.

“Berita acara penetapan itulah yang nantinya di serahkan pimpinan ‘Steering Committee’ ke Pimpinan Musda V ” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Musda Partai Golkar akan dimulai pada 5 Agustus 2020 mendatang di Gedung Graha Bintang Mustika Jaya Kota Bekasi. Salah satu agenda utama dalam Musda nanti adalah pemilihan ketua DPD. (ton)

Pos terkait