TNI-POLRI Kawal Pelaksanaan New Normal di Kabupaten Tangerang

  • Whatsapp

Banten – Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar didampingi Danrem 052/Wijaya Krama serta Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli meninjau pusat perbelanjaan Giant Citra Raya Cikupa dan Stasiun Kereta Api Daru kecamatan Jambe.

Kunjungan kapolda di sambut langsung Bupati Tangerang Ahmad Zakisaat simulasi tempat ibadah di Masjid Agung Al-amjad Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten, Jumat (29/05/20).

Bacaan Lainnya

Peninjauan ini dalam rangka persiapan menuju fase baru New normal atau tatanan hidup baru ditengah pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar mengatakan, ada 4 provinsi dan 25 kota dan kabupaten yang masuk ke dalam penerapan New Normal dan Kabupaten Tangerang termasuk ke dalam salah satu penerapan New Normal.

Atas itu, pihaknya melaksanakan peninjauan agar semua penyelenggara bisa menjalankan apa yang sudah menjadi peraturan dari pemerintah terkait memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Polda Banten menerjunkan 885 personil gabungan antara TNI, Polri dan satpol PP, yang akan ditempatkan di 120 titik yang menjadi prioritas penerapan new normal seperti pasar, mall, sarana umum, dan tempat ibadah,” kata Irjen Fiandar.

Kapolda menjelaskan petugas akan memberikan bimbingan, pengawasan dan pendamping kepada para pengelola, para penanggung jawab area publik. Baik berupa imbauan, teguran dan penyediaan alat cek suhu tubuh dan masker terhadap pengunjung ataupun pelaku usaha untuk meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19.

“Jika ditemukan pelanggaran yang dilakukan baik masyarakat ataupun penyelenggara, akan dilakukan peneguran secara humanis” ucapnya.

Kapolda melihat Giant Citra Raya Cikupa Tangerang sudah cukup bagus dalam penerapan protokol kesehatannya.

“Saya berharap semua pelaku usaha atau penyelenggara keramaian dapat berlaku sama seperti ini, menerapkan protokol kesehatan agar mengurangi resiko penularan virus corona,” tegas kapolda.

Sementara, Wakil Bupati Tangerang, H Mad Romli mengatakan, pihaknya tengah bersiap menuju fase baru atau New Normal yang akan mulai dijalankan secara bertahap.

“Saya juga mendampingi Kapolda bersama Danrem meninjau lokasi pusat perbelanjaan Giant Citra Raya dan Stasiun Kereta Api Daru untuk melihat kesiapan warga dalam menuju New Normal di Kabupaten Tangerang” ucapnya.

Lanjut Romli, pihaknya tengah bersiap-siap untuk membuka masjid dan sarana ibadah dengan memulai dari kajian di masjid dan sholat jumat dan tempat ibadah terlebih dahulu.

Tentu semua ini, kata Wakil Bupati, akan bertahap seperti pasar, mall, sarana ibadah, sekolah dan tempat lainnya itu bisa diikuti dan diterapkan sesuai dengan tatanan baru New Normal yang akan berlaku di Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulilah masyarakat kita 85 persen sudah sadar memakai masker setiap keluar rumah dan menjaga jarak, di setiap masuk pusat perbelanjaan juga sudah menyediakan alat thermo gun dan menyediakan tempat untuk cuci tangan kepada pengunjung atau penumpang,” ujar H. Ombi, panggilan akrabnya.

Terpisah, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi saat ditemui dilokasi menambahkan, bahwa New Normal ini adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap menggunakan standar protokol kesehatan. Terang Edy Sumardi Pada Sabtu 30/05/2020.

“New Normal ini upaya menyelamatkan hidup masyarakat Banten khususnya warga Kabupaten Tangerang, yang utamanya agar warga yang memerlukan aktivitas di luar rumah dapat bekerja secara normal dan aman Covid, dengan menggunakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan, maka itu Kapolda Banten beserta PJU Polda Banten dalam kunjungananya di sejumlah tempat di kabupaten Tangerang untuk memastikan ke persiapan new normal tersebut, “jelas dia. (san) 

Pos terkait