Persiapkan Tim Medis, RSUD Kota Bekasi Simulasi Penanganan Virus Corona

  • Whatsapp

Bekasi – Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi menggelar simulasi penanganan pasien Covid-19 atau Corona.

Simulasi yang dilakukan mulai dari penanganan pasien mulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga dimasukan ke ruang isolasi di RSUD Kota Bekasi

Muat Lebih

Simulasi ini bertujuan untuk edukasi masyarakat, guna mengetahui penanganan yang dilakukan RSUD Kota Bekasi saat menangani pasien positif Corona dengan cepat.

“Biar jadi pembelajaran di masyarakat, agar pasien Corona bisa tertangani dengan cepat,” kata Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi, dr. Kusnanto Saidi, Kamis (05/03/2020).

Dalam simulasi diperagakan, saat pasien terduga suspect Corona datang ke IGD RSUD Kota Bekasi dengan kondisi demam dan batuk-batuk. Kemudian tim medis yang berjaga, mulai menanyakan keluhan dan riwayat bepergian pasien. Setelah pasien mengaku pulang bepergian dari luar negeri, tim medis langsung melakukan serangkaian tes kesehatan dan memindahkan ke ruang isolasi.

Diruang isolasi pasien langsung ditangani oleh satgas tim medis yang sudah disiapkan. kemudian pasien diberi infus dan dilakukan pengawasan secara berkala. Rangkaian pemeriksaan terhadap pasien juga dilakukan.

Sementara itu Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi Paru RSUD Kota Bekasi, Aggarjito mengatakan RSUD  baru melakukan pemeriksaan tahap awal. Nantinya pasien yang diduga positif Corona akan dilakukan pengawasan sesuai standar Kemenkes.

“Kalau tahapan kita disini masih screening awal, nantinya pasien dalam enam jam harus bisa didiagnosa dalam Corona, jika dinyatakan berisiko tinggi akan langsung dikirim ke Rumah Sakit Rujukan,” tambahnya.

Ruang Isolasi, sambung Arjito, memiliki beberapa perbedaan dengan ruangan biasa. Dalam ruang isolasi terdapat hepafilter yang mampu memfilterisasi kuman sehingga terisolisir. Mengingat cara penularan Corona melalui droplet tidak mungkin pasien tersebut ditempatkan diruangan biasa. “Hefafilter mampu menciptakan tekanan -30 jadi bisa langsung menarik keluar kumannya,” imbuhnya.

Sebagai informasi bila terjadi pasien positif Corona di Kota Bekasi akan dirujuk ke Rumah Sakit terdekat yakni RS Persahabatan dan RS Sulianti Suroso. Ruang isolasi di RSUD saat ini berkapasitas empat orang. Sementara, hingga kini belum ada laporan ke RSUD Kota bekasi pasien yang dilaporkan positif Corona (adv)

Pos terkait