Kapolri Intruksikan Tindak Tegas Kegiatan Keramaian

  • Whatsapp

Jakarta – Polisi bakal menindak tegas masyarakat yang masih menggelar kegiatan melibatkan massa atau keramaian. Langkah itu diambil demi mencegah penyebaran virus korona atau covid-19.

Upaya penindakan tegas mengacu instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis. Instruksi itu dikeluarkan Idham lewat surat Maklumat Kapolri Mak/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020, pihak kepolisian di seluruh wilayah Indonesia dapat menindak seluruh masyarakat yang melanggar.

Bacaan Lainnya

Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setial anggota Polri wajib melakukan tindakan sesuai dengan peraturan perundangan-perundangan yang berlaku, kata Adham dalam surat itu.

Secara rinci, surat itu juga menyebut beberapa kegiatan yang dilarang selama virus masih mewabah di Indonesia di antaranya, pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lain yang sejenis.

Kemudian konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran hinga resespsi keluarga, kegiatan olahraga dan kesenian pun termasuk dan kegiatan jasa hiburan, unjuk rasa, pawai dan karnaval.

Namun, ada pengecualian bagi kegiatan tertentu jika dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19. (ton) 

Pos terkait