Antisipasi Virus Corona, Terminal di Jawa Barat Akan Dilengkapi Thermal Scaner

  • Whatsapp

Bandung – Untuk meningkatkan kewaspadaan terkait penyebaran virus corona, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mulai menyediakan fasilitas pengukur suhu tubuh di berbagai terminal darat di Jawa Barat.

“Selama ini, thermal scanner telah disiagakan di bandara dan kantor kesehatan pelabuhan (KKP). “Insyaallah thermal scanner akan disiapkan di terminal-terminal sebagai standar awal dalam mengatasi corona,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selepas menggelar rapat koordinasi kesiapan antisipasi virus corona di Gedung Sate Bandung, Selasa (3/3/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam rapat koordinasi tersebut, sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan bahwa terminal darat juga memerlukan thermal scanner untuk meningatkan keamanan terkait antisipasi corona.

Selain itu, Heru juga menyampaikan bahwa belum semua bandara di Jabar memiliki kesiapan yang prima terkait pengecekan kesehatan penumpang. “Di sektor transportasi darat maupun udara sudah kita identififkasi kesiapan-kesiapannya, yang paling siap adalah Bandara Husein Sastranegera,” ungkapnya.

“Kesiapan itu termasuk SOP penanganan dan keberadaan thermal scanner. BIJB juga siap. Hanya Nusawiru yang masih kurang SOP nya, ruang isolasi dan thermal scanner-nya masih kurang,” tambahnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jawa barat untuk menyampaikan agar seluruh kabupaten/kota di Jabar mulai menyiapkan thermal scanner di terminal darat.

Selain itu, kegiatan rutin ram check juga akan diselenggarakan dalam waktu dekat. “Ram check akan ditarik kegiatannya ke bulan-bulan ini, dan tugasnya akan ditambah dengan pengecekan awal untuk melihat bila ada penumpang yang terindikasi gejala coorona. Akan lebih baik lagi bila ada thermal scanner,” katanya. (dec) 

Pos terkait