Serunya Siswa TK Islam Bina Insani Balajar Membuat Pizza Ala Pizza Marker Junior

  • Whatsapp

Bekasi – Ibaratnya sebuah taman, siswa didik harus belajar dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan belajar mengajar (KBM) mesti dilaksanakan secara optimal agar mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, sehingga tujuan pengajaran akan berjalan aktif apabila peserta didik berusaha aktif mencapainya.

Banyak sekali teknik pembelajaran yang dikenal dalam pendidikan. Teknik pembelajaran berfungsi sebagai jalan atau media yang digunakan guru untuk mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai.

Muat Lebih

Pengajaran yang dipilih haruslah sesuai dengan pelajaran yang digunakan seirama dengan pendekatan yang digunakan. Salah satu teknik pembelajaran yang sering digunakan adalah Outdoor Study.

Outdoor Study (Pembelajaran di luar kelas) dipilih sebagai teknik yang cocok untuk pembelajaran siswa karena proses pembelajaran siswa harus benar-benar menyenangkan sehingga siswa nyaman dan betah untuk belajar.

Hal ini menjadi salah satu upaya terciptanya pembelajaran yang terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar hanya di kelas.

Hal tersebut pula yang mendasari TK Islam Bina Insani mengadakan Outing Class di Pizza Hut Summarecon Bekasi. Belajar di luar ini menjadi pilihan untuk para siswa TK Islam Bina Insani agar proses pembelajaran menjadi disukai oleh siswa dan menghasilkan produk yang baik karena pembelajaran tidak dipaksakan atau terpaksa.

Anak – anak dengan antusias menyimak sambil tak sabar untuk segera mempraktekkan apa yang dijelaskan, sangat jelas tergambar diwajah mereka rasa penasaran dan keingintahuan mereka, banyak celoteh ataupun pertanyaan yang keluar dari mulut mereka.

Kegiatan ini juga di dampingi oleh Hamidah, S. Pd selaku Kepala Sekolah, disela-sela kegiatan ia mengutarakan bahwa kegiatan belajar outdor ini merupakan pembelajaran lanjutan mengenai ‘Langkah-langkah Mengelola Makanan’.

“Untuk melatih ketrampilan dan mengedukasi para murid, TK Islam tidak hanya memberikan pembelajaran didalam kelas saja tetapi juga memperlihatkan langsung prosesnya, contohnya saja kegiatan hari ini di Pizza Hut,” ungkap Hamidah

“Dari sini kita bisa mengajarkan bagaimana proses pembuatan makanan dari bahan mentah hingga siap dihidangkan, mengajarkan usaha dalam mencapai suatu hal membutuhkan kerja keras, kegigihan serta melawati halangan yg ada,” ucapnya

Selain mengetahui dan praktik langsung membuat Pizza, Siswa juga mengikuti kegiatan mewarna, cara mencuci tangan dan lain lainnya.”Dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan siswa dapat lebih mandiri, inovatif dan berani dalam melakukan sesuatu,” tandasnya.

Ghani selaku murid kelas B2 juga mengutarakan kesenangannya bisa memasak pizza sendiri, topping yang disukai adalah sosis, daging sapi, dan bakso.

“Saya senang dengan kegiatan ini, sebelum memasak pizza saya menggunakan topi chef dan apron, seakan-akan kami benar-benar jadi chef,”ungkap Ghani (gun)

Pos terkait