Pemkot Bekasi Terapkan Kebijakan Belanja Tanpa Kantong Plastik

  • Whatsapp

Bekasi – Mulai 1 Maret 2020 mendatang,  Pemerintah Kota Bekasi akan menerapkan kebijakan belanja tanpa kantong plastik di toko ritel dalam rangka realisasi implementasi Perwal Nomor 37 Tahun 2019 Tentang penggunaan Plastik sekali Pakai.

 

Muat Lebih

“Sosialisasi kebijakan tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu ke pengusaha-pengusaha ritel. Sekarang sudah sampai sosialisasi tahap akhir,” kata Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Jumat, (21/2/2020).

 

Dikatakannya, pihaknya akan merangkul para pengusaha untuk menyediakan kantong pengganti yang ramah lingkungan.”Saya optimistis kebijakan ini bisa mencontoh dan merealisasikan seperti daerah di Bogor dan Bali.”katanya.

Menurutnya, kebijakan tanpa kantong plastik di toko modern sebagai langkah awal pemerintah mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai di masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih kedepannya.

“Di Bekasi, produksi sampah mencapai 1800 ton sehari. 40 persen diantaranya sampah anorganik seperti plastik.”katanya.

Ia pun mengajak masyarakat bijak menyikapi kebijakan dalam penggunaan kantong plastik sekali pakai.” Ayo mulai saat ini untuk membawa tas belanja yang ramah lingkungan,” ajak Tri. (ton) 

Pos terkait