Dinsos : Program Sembako di Kota Bekasi Naik Jadi Rp150 Ribu per Bulan 

  • Whatsapp

Bekasi – Per Januari 2020 ini, Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dikelola Kementerian Sosial resmi bertransformasi menjadi Program Sembako.

Transformasi ini dilakukan dalam rangka mewujudkan penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektivitas program bantuan sosial pangan kepada Keluarga Penerima Manfaat (PKM).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Penanggulangan Masyarakat Miskin Pada Dinas Sosial Kota Bekasi Yeni Suharyani S.pd mengatakan, program sembako tahun ini ada kenaikan sebesar Rp150 ribu yang akan dibagikan ke 62.613 keluarga miskin di Kota Bekasi.

“Program sembako murah merupakan bentuk transformasi dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Hasil dari transformasi ini salah satunya adalah bertambahnya komoditas pangan yang diberikan, yang sudah sesuai dengan pedoman umum program sembako, setelah sebelumnya hanya beras dan atau telur. Bantuan ini diharapkan dapat membantu memberikan manfaat kepada keluarga yang masuk kategori miskin,” Kata Yeni saat ditemui awak media, Senin (10/02/20).

Lebih lanjut Yeni menjelaskan, perbedaan yang ada antara Program BPNT dengan Program Sembako saat ini adalah kenaikan Indeks bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) serta tambahan pilihan komoditas yang telah ditentukan.

“Perubahan yang paling signifikan itu dari nominal bantuan yang didapatkan masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) dari Rp110.000 menjadi Rp150.000 per KPM per bulan. Selain beras dan atau telur, dalam program sembako juga bertambah komoditasnya, sesuai dengan pedoman umum program sembako,” katanya.

Yeni menambahkan, dengan adanya jenis pangan yang di pilih sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. para KPM dimaksudkan untuk memenuhi gizi para penerima manfaat.

“Caranya dengan mencairkan dana dari rekening bank BRI dan membelanjakannya di e-Warong, agen binaan dari BNI.”kata Yeni. (ton). 

Pos terkait