Presiden Jokowi Hadiri Rakernas I Sekaligus HUT ke 47 PDI-Perjuangan

  • Whatsapp

Jakarta – Presiden Joko Widodo menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sekaligus HUT Ke-47 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kompleks JI-Expo, Kemayoran Jakarta, Jumat (10/01/2020).

Dalam Rakernas tersebut, Jokowi mengajak kepada seluruh kader partai agar mendukung program ekonomi berdikari yang tengah digalakkan pemerintah karena bangsa ini memiliki kekayaan dan sumber daya alam yang sangat besar.

Bacaan Lainnya

“Seperti yang dikatakan Bung Karno dalam Trisaktinya, kita harus berdikari di bidang ekonomi sehingga tidak mudah ditekan negara manapun. Kita memiliki semua yang bisa kita olah sendiri. Begitu juga dalam berkepribadian dan berkebudayaan,” ucapnya.

Tak hanya itu Jokowi juga menekankan pentingnya perubahan besar di bidang ekonomi agar Indonesia menjadi negara yang mandiri. “Sumber daya alam Indonesia yang melimpah perlu dimanfaatkan dengan nilai tambah.”tegasnya.

Disamping itu Jokowi kemudian menyinggung masih gencarnya Indonesia untuk mengkespor bahan mentah. Padahal menurutnya bahan mentah tersebut bila diolah menjadi produk bernilai tambah. Bahkan bahan mentah yang didapat dari alam Indonesia dapat memakmurkan dan terhindar dari tekanan global yang tidak menentu.

“Pemerintah kini sedang berusaha mengubah kebiasaan ekspor bahan mentah menjadi ekspor barang setengah jadi atau barang jadi. Sehingga, Indonesia tak lagi dimainkan oleh pasar global.”pungkasnya.

“Intinya, kita harus berdikari di bidang ekonomi. Sehingga kita tidak mudah ditekan siapapun, negara manapun, dan kita harus mandiri secara politik berdaulat secara politik,” intinya seperti ucapan Bung Karno dalam Trisakti nya.” Jokowi menambahkan.

“Karena kita memiliki semua dan kita olah sendiri. Berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dan berkebudayaan. Itu yang diajarkan Bung Karno,” jelasnya.

Dari pantauan media, Rakernas I kali ini menggelar pameran tentang kekayaan pangan, bumbu-bumbuan, rempah, kekayaan hayati serta berbagai aplikasi teknologi dan lain-lain yang menunjukkan keyakinan partai bahwa Indonesia memiliki modal yang begitu besar untuk maju.

Pameran ini juga terbuka untuk publik yang akan dilangsungkan selama  2 hari yakni dari 10 Januari pukul 19.00 WIB  hingga Minggu 12 Januari 2020, pukul 18:00 WIB. (yan) 

Pos terkait