Pencuri Spesialis Besi-Besi Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekuk Polisi

  • Whatsapp

Bekasi – Enam pelaku anggota komplotan pencuri besi proyek jalan tol Becakayu dan besi proyek Jakarta-Cikampek tertangkap tangan sedang bereaksi di Proyek Tol Becakayu Jalan KH. Noer Ali Bekasi Selaran.

Dari enam pelaku, dua pelaku berhasil melarikan diri dan kini masih dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh polisi.

Muat Lebih

Aksi pelaku kepergok oleh satpam proyek Waskita Karya. Pelaku ditangkap saat sedang bereaksi memotong besi dengan menggunakan gunting besi.

Kapolsek Bekasi Kota Kompol Helmi Rustawelli mengatakan, peristiwa pencurian itu terjadi pada Desember 2019 lalu di Work Shop Proyek Tol Becakayu Jalan KH. Noer Ali Kalimalang Bekasi Selatan sekitar pukul 02.00 WIB dini hari kemarin.

“Ke enam pelaku berpura – berpura sebagai karyawan dengan menggunakan baju proyek, dan bersama sama mengambil besi proyek tol becakayu” kata dia dalam keterangannya Jumat, (17/1/2020) di Mapolsek Bekasi Kota.

Saat sedang melakukan kontrol, satpam proyek memergoki pelaku AS, OS DP, MA dan BA sedang memotong besi. Melihat itu, satpam langsung meneriaki pelaku. Pelaku AS dan OS berhasi ditangkap sedangkan pelaku DP MA dan BA berhasil melarikan diri.

“Dari Tersangka AS disita barang bukti gunting yang digunakan untuk memotong besi besi proyek tol becakayu dan diangkut dengan mobil,”katanya.

Selanjutnya kata dia, pada Rabu, 15 Januari 2020, pelaku DP, JE, MA, BA, YD kembali melakukan pencurian besi besi di dalam jalan Tol Jakarta-Cikampek di KM 20 Bekasi Kota. Dan pelaku dikejar oleh petugas patroli jalan Tol namun berhasil meloloskan diri.

“Kemudian DP dan JE ditangkap oleh Polsek Bekasi Kota sedangkan pelaku BA, YD dan ED berhasil kabur. Dan dari pelaku DP disita barang bukti 1 unit mobil pickup merk Suzuki bernopol B 92 18 UAP berikut muatan besi Bekael hasil curian. Kerugian ditaksir mencapai 20 juta.” jelas Kompol Helmi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat (1) butir ke 4 dan 5 dengan ancaman 7 tahun kurungan Penjara.

Barang bukti yang disita yakni 1 buah gunting dengan panjang 80 cm, 1 unit mobil pickup merk Suzuki warna hitam bermopol B 9218 yang disewa pelaku berikut dengan kunci kontak serta besi Bekael yang ada di mobil pickup. (ton) 

Pos terkait