KPK Sambangin Mabes Polri Upaya Sudahi Konflik Cicak VS Buaya

  • Whatsapp

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambangi Mabes Polri di Jalan Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (06/01/2020).

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan resmi pertama Ketua KPK Firli usai dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Bacaan Lainnya

Langkah menyambangi Mabes awal yang tepat bagi KPK untuk membangun sistem yang kokoh lantaran sinergitas antar lembaga pemerintah yang merupakan poin penting dalam pencegahan dan penindakan korupsi.

Dilansir dari merdeka.com, Pengamat Intelejen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro mengatakan sinergi dan persatuan menjadi kunci utama hari ini. Dengan sendirinya kamampuan dan kekuatan sebuah lembaga akan semakin kuat dan saling menguatkan.

Hal tersebut senada dengan UU No 19 Tahun 2019 yang baru saja disahkan, dimana di dalamnya tertuang “Bahwa Kepolisian, Kejaksaan dan KPK sebagai lembaga yang menagani perkara tindak pidana korupsi perlu ditingkatkan sinergitasnya sehingga masing-masing dapat berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi berdasarkan asas kesetaraan, kewenangan dan perlindungan terhadap hak asasi manusia.

Hubungan kerja sama pencegahan tindak pidana korupsi salah satunya dilakukan melalui desain kegiatan organisasi dan supervisi pemberantasan tindak pidana korupsi dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dan integritas kelembagaan para pihak sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Perlu dipahami bahwa salah satu cara yang dilakukan perihal kerja sama penanganan tindak pidana korupsi mengenai koordinasi, monitor dan supervisi dijelaskan lebih lanjut dalam pasal 8,9 dan 10 UU Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Semoga langkah awal ini dapat meningkatkan kerja sama antra KPK dan Kepolisian serta dapat menepis isu-isu berikutnya tentang cicak dan buaya jilid-jilid berikutnya.”kata Al Ahsan Sakino, Direksi Sumber Daya Manusia Sahabat Anti Korupsi. (san) 

Pos terkait