TP4 Bubar, Kejati : Pengawasan Terhadap Pembangunan Tetap Berjalan

  • Whatsapp

Bekasi – Kejaksaan Agung (Kejagung) resmi membubarkan Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan  (TP4). Namun, bukan berarti kewenangan kejaksaan terpangkas.

“Penghentian TP4 oleh Kejagung, tidak terpengaruh terhadap pengawasan pembangunan. Sebab arah penegak hukum lebih mengutamakan pencegahan dalam rangka menciptakan investasi yang lebih baik.”kata Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Raja Nafrizal kepada wartawan saat menghadiri peresmian tiang pancang pembangunan Gedung Kejari Kota Bekasi pada Jumat, (13/12/2019).

Selama ini ujar dia, Presiden Jokowi mengindikasi penyebab terhambatnya sebagian investasi itu karena ulah – ulah penegak hukum.

“Makanya beliau (Jokowi) sampaikan, jangan ada yang main gigit- gigit, jangan ada yang menakut – nakuti dunia usaha. Nanti saya yang langsung gigit. Itu pesan gamblang beliau (Jokowi) kepada penegak hukum.”ucap Raja.

Meski secara kelembagaan TP4 sudah dibubarkan, Raja menegaskan bahwa pengawasan terhadap pembangunan atau proyek strategis pemerintah baik itu tingkat I, II maupun proyek nasional tetap dilakukan.

“Kejaksaan punya Datun yang bisa memberikan pendapat hukum, Olegal Odit, penerangan dan pendampingan.,”ujar dia.

Tak hanya itu, kejaksaan juga mempunyai intelegen untuk melakukan pendampingan sehingga satuan kerja (satker) di daerah tidak ragu – ragu dalam mengambil kebijakan.

“Selama ini kan, TP4 terbentuk karena adanya keluhan tidak ada orang yang mau jadi Pimprof karena takut dengan penegak hukum.”tukasnya.

Tentang bantuan pembangunan gedung Kejari oleh Pemkot Bekasi, Raja menyampaikan bahwa, pihaknya bersama Kejaksaan Agung (Kejagung) mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bekasi atas pemberian bantuan hibah gedung Kejari Kota Bekasi ini.

“Ahamdulillah, hari ini saya mendapat kehormatan dari Wali Kota Bekasi untuk Ground Breaking gedung Kejari Kota Bekasi ini,”ucapnya.

Seperti yang disampaikan Wali Kota Bekasi terang dia bahwa, bantuan pembangunan gedung Kejari ini diberikan untuk memberikan pelayanan publik di era zona integritas.

“Salah satu poin integritas itu adalah pelayanan  publik dengan harapan Kejari Kota Bekasi akan memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat Bekasi,”ujarnya (ton).

Pos terkait