Tak Pakai Safety Belt, Puluhan Angkot di Depok Terjaring Rajia Penling

  • Whatsapp

Depok – Puluhan angkutan umum diamankan lantaran pengemudi tidak tertib menggunakan sabuk pengamanan, dalam operasi Penerangan Keliling (Penling) anggota Satlantas Polresta Depok unit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel).

Kanit Kamsel Satlantas Polresta Depok, Iptu Nanang Wahyu W, mengatakan angkot yang terjaring dalam operasi Penling hanya dikenai teguran saja.

“Ada sekitar 20 angkot yang kita tegur lantaran tidak melakukan tertib berlalulintas yaitu tidak menggunakan safety belt atau sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang yang duduk di depan ,”ujar Iptu Nanang usai merazia di depan Terminal Depok Jalan Margonda, Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (9/12/2019) pagi.

Iptu Nanang mengungkapkan tujuan kegiatan Penling ini adalah terkait etika dan tertib berlalulintas di jalan.

“Sebagai daerah Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) Jalan Margonda menjadi percontohan bagi kendaraan yang tertib tidak hanya kendaraan pribadi juga angkutan umum,”tambah Iptu Nanang.

Sasaran Penling ini selain etika dan tertib berlalulintas juga bagi pejalan kaki yang yang menyebrang jalan dan ojek online (Ojol) tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat.

“Kita juga memberikan penyuluhan terhadap pengemudi ojek online didampingi Polwan langsung di lokasi. Dengan memarkirkan kendaraan di bahu jalan sehingga memakan sebagian jalan dapat berpotensi kemacetan akibat jalan yang terpotong menjadi sempit,”ungkap Iptu Nanang.

Terpisah Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan kegiatan Penling ini adalah program dari unit Kamsel berguna membuat lebih tertib Lagi pengendara di Jalan

“Sejak dini pengendara sudah tertib berlalulintas dengan demikian angka kecelakaan akan dapat ditekan. Selain itu jadilah pelopor berlalulintas demi terwujudnya Kamtertibcarlantas dan stop kecelakaan,”tutup Kompol Sutomo. (don) 

Pos terkait