Bawa Kabur Duit Calon Jemaah, Bos Travel Umrah Dicokok Polisi

  • Whatsapp
Spread the love

Tangerang – Polres Bandara Soekarno-Hatta membongkar penipuan perjalanan umrah. Kerugian para korban diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.

“Di mana perjalanan umrah tersebut diduga diselenggarakan secara non-prosedural,” kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Arie Ardian dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).

Muat Lebih

Dalam kasus ini, polisi telah menetapkan seorang tersangka yakni seorang perempuan bernama Arbiya alias Yaya. Saat ini Yaya ditahan di Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta.”Tersangka Arbiya alias Yaya ini merupakan Komisaris Utama PT Duta Adhikarya Bersama,” ujar AKBP Arie.

Kasus bermula ketika pada Senin (7/10) lalu, Tim Garuda Satreskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta menerima penyerahan 45 jemaah asal Bontang, Kalimantan Timur dari petugas Kementerian Agama. Saat itu, para jemaah gagal berangkat karena ada permasalahan tiket.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho menyebutkan, sedianya, para jemaah tersebut akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 1 Oktober 2019 melalui Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

“Akan tetapi perjalanan umrah tersebut gagal karena permasalahan tiket yang kemudian dijanjikan diberangkatkan kembali oleh tersangka pada tanggal 07 Oktober 2019. Namun pada hari itu juga dinyatakan gagal terbang lagi,” kata AKP Alex.

Atas temuan itu, polisi kemudian melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan, ditemukan adanya dugaan penipuan dalam kegiatan tersebut.”Bagaimana mau diterima maskapai, pesan (tiket) saja tidak,” ujar AKP Alex.

AKP Alex menambahkan, para calon jemaah umrah sempat terkatung-katung di bandara. “Mereka sempat diinapkan selama 4 hari,” imbuh AKP Alex.

Atas kejadian ini, korban melapor ke Polres Bandara Soekarno-Hatta. Polisi kemudian menangkap tersangka di Kabupaten Sopeng, Sulawesi Selatan pada Rabu (30/10).

“Tersangka kami tahan dengan persangkaan Pasal 122 Jo Pasal 115 UU RI No.8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah,” tandas AKP Alex. (hen)

Pos terkait