Tingkatkan Kompetisi, Basarnas Jakarta Gelar Latihan SAR Daerah 2019

  • Whatsapp

Jakarta – Basarnas melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta  menyelenggarakan Latihan SAR Daerah 2019.

Latihan SAR ini diikuit kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari berbagai instansi yaitu Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Dinas Perhubungan Propinsi DKI Jakarta, Kepolisian Resor Kepulauan Seribu, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok, Pangkalan PSDKP Jakarta, Stasiun Maritim BMKG Tanjung Priok, Kepolisian Sektor Sunda Kelapa, KSOP Sunda Kelapa, KSOP Kepulauan Seribu, KSOP Muara Angke, Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Puskesmas Kelurahan Penjaringan, Pos TNI AL Pantai Mutiara, Markas Polisi Pantai Mutiara, Markas Polisi Kali Adem, Damkar Kali Adem, Rumah Sakit Atma Jaya, serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

Muat Lebih

Hendra Sudirman, selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta mengatakan latihan SAR Daerah tahun 2019 ini dapat meningkatkan sinergitas dan koordinasi antar Stakeholder pencarian dan pertolongan di Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu guna memaksimalkan pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan.

Menurutnya, penanganan kecelakaan Kapal di perairan Teluk Jakarta belum sepenuhnya berjalan maksimal dan terkoordinir dengan baik.

“Salah satu faktornya karena kurang terpadunya penyelenggaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan mulai dari proses evakuasi hingga penanganan korban di Rumah Sakit.”ungkap dia.

Dia juga menyebut guna mempermudah proses pencarian dan pertolongan jila terjadi marabahaya, setiap kapal nelayan wajib memiliki kelengkapan Emergency Position Indicating Radio Beacon (EPIRB).

“Jadi latihan SAR Daerah 2019 ini digelar guna meningkatkan kompetensi petugas Pencarian dan Pertolongan, membina kemampuan kesiapsiagaan dan menguji prosedur pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama yang baik antar stakeholder pencarian dan pertolongan di Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu.”jelasnya. (ton) 

Pos terkait