Program Kantor Bersih, Kota Bekasi Targetkan Bebas Plastik Pada 2020

  • Whatsapp

Bekasi – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menargetkan wilayahnya akan bebas dari penggunaan plastik pada 2020. Langkah awal yang akan dilakukan adalah melarang penggunaan plastik di Kompleks Perkantoran Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

“Kita mulai dari lingkungan pemerintah kota terlebih dahulu,” kata Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Ferdinan di Bekasi, Selasa (8/10/2019).

Muat Lebih

Ferdinan menjelaskan larangan penggunaan plastik tertuang dalam Peraturan Wali Kota Bekasi tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, dan Instruksi Wali Kota Bekasi tanggal 31 Mei 2019 tentang Pencanangan Program Kantor Bersih dan Bebas Sampah di Lingkungan Komplek Perkantoran Jalan Ahmad Yani.

Kemudian Surat Edaran Wali Kota Bekasi tanggal 13 Agustus 2019 tentang Program Kantor Bersih, Sehat dan Bebas Sampah serta Surat Edaran Wali Kota Bekasi tanggal 27 September 2019 tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik/Kemasan Plastik yang diberlakukan mulai 1 Oktober 2019.

Menurut Ferdinan penetapan kawasan bebas plastik sebenarnya sudah dilakukan sejak Mei 2019 di lingkungan Kompleks Wali Kota Bekasi. Lalu pada Agustus 2019 mulai disebar edaran sebagai salah satu bentuk sosialisasi sebelum akhirnya efektif diberlakukan mulai Oktober 2019.

“Jadi sosialisasi tentang kawasan bebas plastik ini sebenarnya sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu,” ucapnya. Penerapan ini tidak hanya berlaku untuk aparatur namun juga para pedagang yang berniaga di kompleks kantor wali kota.

Selama sosialisasi sudah mulai terlihat adanya perubahan antara lain sikap aparatur yang membawa tempat minum dan makanan sendiri, juga peniadaan snack box dan air minum kemasan sekali pakai tiap kali rapat. (adv) 

Advertisement
READ  Aprilia Shiver Terbaru Sport Bike 900 CC Dari PT Piaggio Indonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.