Basarnas Jakarta Bekali Pelatihan Teknik Pertolongan SAR Diketinggian

  • Whatsapp

Jakarta – Basarnas Jakarta menggelar pelatihan teknik pertolongan di ketinggian dengan melibatkan potensi SAR melalui Unit Teknis Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta. Senin, (30/9/2019).

Kegiatan ini berlangsung pada 30 September hingga 4 Oktober 2019 yang dibuka oleh Direktur Bina Potensi, Marsekal Pertama TNI, F. Indrajaya dan dikuti kurang lebih 60 peserta terdiri dari TNI, POLRI, Lembaga Pemerintah, serta Organisasi Masyarakat.

Dalam pelatihan potensi SAR tahun ini akan diberikan materi dan praktek mengenai teknik pertolongan di ketinggian atau yang lebih dikenal dengan nama High Angle Rescue Technique (HART).

Direktur Teknik Bidang Potensi Marsekal Pertama TNI, F. Indrajaya menyampaikan, seorang penolong harus memiliki fisik dan stamina yang prima agar dapat melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan khususnya di medan ketinggian.

Selain memilik fisik dan stamina prima, para penolong juga harus memiliki mental baja dan memiliki kompetensi berupa pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pencarian dan pertolongan.

“Melalui pelatihan ini, Kami berharap seluruh potensi SAR memiliki kompetensi dalam bidang pencarian dan pertolongan dan juga dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan operasi SAR dan mampu mempersingkat response time sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dalam pelaksanaan operasi SAR.” ujar Marsekal F. Indrajaya dalam keterangan persnya. (ton) 

 

 

 

 

Pos terkait