Hut RI-74: HMI Kibarkan Bendera Indonesia Di Pulau Reklamasi 

Jakarta – HMI BADKO Jabodetabeka Banten melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Kemanisan yang direklamasi. Sabtu (17/8/2019).

Pulau Kemanisan dan pulau Cikantung, adalah sebuah pulau kecil di perairan Bojonegara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Konon menurut warga setempat pulau tersebut adalah pulau yang biasa dikunjungi warga Bojonegara.

Dua pulau tersebut kini hilang menyatu dengan daratan, hilangnya dua pulau tersebut akibat reklamasi. Hal tersebut sangat disayangkan kenapa dua pulau tersebut bisa hilang, siapa yang disalahkan.

Ketua Bidang PTKP HMI BADKO Jabodetabeka Banten, Januar Eka Nugraha mengatakan Negara semstinya hadir, terkait persoalan tersebut. Amanat Undan-undang sudah jelas menyatakan bahwa air, laut, darat sepenuhnya dimanfaatkan untuk rakyat.

“Negara seharusnya hadir menanggapi persoalan ini. Bukankah dalam Undang-undang sudah tercantum bahwa, air, laut dan darat dikelola untuk kesejahteraan rakyat.” katanya.

Lanjut Eka, Ia bukan anti pembangunan, dan bukan anti industri. Jika dalam pengelolaan dan pemanfaatan lahan tersebut tidak bermanfaat untuk masyarakat.

“Kami bukan anti pembangunan dan bukan anti industri, jika dalam pengelolaan dan pemanfaatan lahan tersebut tidak bermanfaat untuk rakyat, untuk apa. Imbuhnya.

“Contoh, nelayan sekarng harus menjangkau jarak untuk mencari ikan. karena akibat adanya industri pabrik. dan hasil penangkapan ikan pun menurun akibat adanya pabrik tersebut.” paparnya.

Hal yang sama disampaikan Titin Kholawiyah, warga Kepuh, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang mengungkapkan, Pulau Cikantung selama ini menjadi tempat bagi warga mencari kerang, terutama pada saat hari raya idul adha  ‘Bulan Haji’. Selain itu, ada tradisi warga yang membawa anak ke pulau tersebut setelah disunat atau dikhitan.

“Biasanya pada hari raya idul adha (lebaran haji) kita mencari kerang-kerang disana dan warga yang baru disunat akan dibawa ke Pulau Cikantung untuk ziarah ke Buyut Cikantung. sekarang hal itu tentu tidak bisa dilakukan lagi,” ujarnya.

Titin mengaku kecewa setelah mengetahui Dua Pulau tersebut menyatu menjadi daratan. Ia menyebut, entah siapa yang bertanggungjawab.

Menurutnya, dengan hilangnya dua Pulau Kemanisan dan Cikantung, menambah catatan hilangnya pulau-pulau kecil di sekitar Bojonegara, Kabupaten Serang. Sebab sebelumnya, pulau kecil lain di perairan Bojonegara itu, yakni Pulau Kemanisan hilang dan cikantung sudah menyatu dengan daratan. Dan dua Pulau tersebut kini menjadi bagian dari lahan perusahaan.

“Pulau Kemanisan dan Pulau Cikantung sekarang sudah menyatu dengan daratan akibat reklamasi. Saya tidak tahu perusahaan apa yang melakukan reklamasi itu, yang pasti pulau itu kini akan hilang,” tambahnya.

“Kecewa, Itulah yang kami rasakan. Pemerintah seharusnya hadir untuk menjawab itu semua. Kehadiran pemerintah jangan hanya selogan semata,” ujar Titin (riz) 

Pos terkait