FKPB Geruduk Kantor BPN Kota Bekasi, Minta Penjelasan Status Tanah yang Digusur 

  • Whatsapp

Bekasi – Puluhan masyarakat mengatasnamakan Forum Korban Penggusuran Bekasi (FKPB) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi yang berlokasi di Jalan Chairil Anwar Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi Senin, (19/8/2019).

Dalam aksinya, mereka menuntut pihak BPN Kota Bekasi untuk menjelaskan status atas tanah warga yang digusur oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi beberapa waktu lalu.

“Kedatangan kami di sini (BPN) karena keadaan yang mendesak, kami hanya minta BPN untuk menemui kami dan menjelaskan atas tanah masyarakat yang digusur oleh pemerintah,” kata salah seorang Pendemo.

Para pendemo mengancam tidak akan meninggalkan kantor BPN jika yang bersangkutan enggan mau menemui mereka.”Jika kepala kantor tidak mau menemui, kami akan tetap bertahan disini, kami tidak akan mundur ” ancam para pendemo.

Namun, saat aksi tersebut, tak satu pun para pejabat BPN datang untuk menemui para pendemo dilokasi.

Dari pantauan dilapangan, puluhan aparat kepolisian dan Satpol PP tampak berjaga – jaga didepan kantor BPN Kota Bekasi.

Para pendemo saat berorasi juga sempat bernyanyi, Tunduk ditindak atau bangkit melawan, Diam adalah penghianatan, Rakyat pasti menang.

Berikut tuntutan Forum Korban Penggusuran Kota Bekasi yakni,

1. Menuntut adah BPN memberi kepastian atas tanah kepada warga korban penggusuran Pekayon.

2. Menuntut Pemkot Bekasi bertanggungjawab atas kerugian materil dan non materil yang dialami warga korban penggusuran Pekayon dan Jakasetia selama 3 tahun.

3. Menutut, selama kembali hak atas tempat tinggal yang layak bagi warga korban penggusuran.

4. Menuntut, selama status tanah belum keluar, maka pihak pemkot tidak bisa melakukan kegiatan apapun diatas tanah gusuran termasuk pengukuran dan sebagainya. (ton).

Pos terkait