Siap Masuki Pasar Musik Global Program ICINC Umumkan Top Lima

Jakarta – Bekraf, setelah resmi membuka tahap Open Call pada April lalu, Indonesia Creative Incorporated (ICINC) terus mendapatkan sambutan luar biasa dari ratusan talenta musik di Indonesia. ICINC sukses menarik perhatian 536 solois dari berbagai kota Aceh, Bandung, Makassar, Malang, Sidoarjo, Pontianak, Surabaya, Papua dan banyak kota lainnya.

88rising telah melakukan proses kurasi dan berhasil menyaring 20 besar peserta hingga kini terpilih menjadi 5 besar yang akan diterbangkan ke Los Angeles, Amerika Serikat untuk mengikuti tahap talent development dari 88rising serta tampil di gelaran “Head in the Clouds Festival” pada 17 Agustus mendatang (waktu Los Angeles).

Sebelumnya, pada 7 July Kepala BEKRAF Triawan Munaf, Rich Brian (Brian Imanuel) bersama dengan tim 88rising dan perwakilan peserta ICINC bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor untuk menjelaskan mengenai program ICINC dan subprogram Indonesia Rising.

ICINC merupakan program BEKRAF yang bertujuan untuk melakukan promosi karya dan pelaku kreatif unggulan agar dapat menembus pasar global. Kali ini melalui subprogram ICINC bertitel Indonesia Rising, BEKRAF berkolaborasi bersama 88rising untuk membawa musisi berbakat Indonesia menembus ekosistem musik global.

“BEKRAF senantiasa mendukung pelaku kreatif untuk dapat menjadi bagian dari ekosistem pasar global, kali ini kami berfokus pada subsektor musik melalui subprogram ICINC dan bekerja sama dengan 88rising yang sudah memiliki pengalaman membawa musisi Asia ke Amerika,” jelas Rizky Pesik, Wakil Ketua BEKRAF Jakarta Kamis, (11/07/19).

88rising melihat bahwa Indonesia memiliki sederet musisi berbakat yang mampu membawa angin segar bagi pasar musik internasional.

“Selama tahap Open Call, kami terpukau dengan banyaknya solois berbakat dari Indonesia, yang membuat proses kurasi menjadi seru dan penuh dengan diskusi. Kami melihat bakat-bakat musisi Asia dengan ciri khas mereka masing-masing dalam berkarya,” ujar Oliver Zhang, Artist Manager 88rising.

Setelah melalui proses kurasi oleh 88rising, ICINC berhasil mendapatkan 5 nama yang akan diberangkatkan ke Los Angeles, Amerika yaitu:

1. Amanta Artadhia Siregar (Arta) Jakarta

2. Devinta Trista Agustina (Devinta) Sidoarjo

3. Monica Eva Sancti (Monéva) Banten

4. Nicholas Hardy (Nick Hardy) Jakarta

5. Steffani Beretta P. Mumi (Steffani BPM) Malang

6. Marcello Laksono (Cellosux) Jakarta Runner Up

Kelima nama tersebut berkesempatan untuk mengikuti tahap talent development pada 19 Juli – 19 Agustus 2019 mendatang dari 88rising, serta tampil di “Head in the Clouds Festival”, sebuah festival musik bergengsi yang menampilkan berbagai musisi Asia ternama dari seluruh dunia.

“Kelima peserta akan mengikuti berbagai program yang sudah disiapkan secara khusus oleh para profesional yang akan menjadi mentor, termasuk Sean Miyashiro, Chief Executive Officer (CEO) 88 rising dan kelima peserta terpilih ini akan dibekali dengan berbagai materi dan kegiatan seperti penulisan dan produksi lagu, pembuatan video klip musik, pelatihan media, Bahasa
Inggris serta dance yang semuanya akan dimentori oleh 88rising,”jelas Andi Sadha, Ketua Komite Indonesia Rising.

Sebagai salah satu upaya memajukan perekonomian kreatif Indonesia melalui subsektor musik, BEKRAF berusaha membuka peluang yang lebih besar bagi para pelaku di industri ini untuk menyampaikan karyanya ke pasar lebih luas.

“Kami berharap melalui program ICINC ini, BEKRAF dapat menggali potensi kreatif masyarakat Indonesia, khususnya di subsektor musik, untuk mengikuti jejak Rich Brian sebagai musisi tanah air yang kini bernaung di bawah manajemen 88rising dan sukses menarik perhatian penikmat musik dunia,”tutup Andi Sadha.

Triawan. Subprogram Indonesia Rising dari ICINC ini dipersembahkan oleh BEKRAF dan 88rising serta diorganisir oleh Kaskus Networks dan Madre Indonesia, didukung oleh Sompo Insurance sebagai Official Insurance Partner.

Selain itu penampilan kelima peserta ini didukung oleh desainer lokal Indonesia yang khusus membuatkan karyanya untuk dipakai oleh kelima peserta dalam program yang mereka jalani yaitu Danjyo Hiyoji, Paradise, Pot Meets Pop, Public Culture, Reinkamasi dan Saul. Informasi lengkap tentang Program ICINC-Indonesia bisa di klik www.ICINC.ID. (evelyne).

Pos terkait