Minggu Dini Hari Diprediksi Menjadi Puncak Arus Balik di Kawasan Kalimalang

  • Whatsapp

Jakarta – Arus balik pemudik di jalur Arteri Kalimalang, Jakarta Timur sudah mulai terlihat sejak Sabtu (8/6/2019) siang.

Namun, hari ini, Minggu (9/6/2019) disebut menjadi puncak arus balik yang melintasi Kalimalang.

Kapospam Pangkalan Jati Ipda Jonaidi mengatakan peningkatan arus balik pemudik sepeda motor dan mobil yang melintasi Kalimalang hingga pukul 22.00 WIB sekarang masih kecil.

“Sekarang masih normal lah, sudah ada peningkatan tapi baru sekitar 10-15 persen. Untuk hari ini diperkirakan para pemudik dari wilayah perbatasan DKI, misalnya Cirebon, Indramayu,” kata Jonaidi di Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/6/2019).

Jonaidi memprediksi puncak arus balik pemudik di jalur arteri Kalimalang terjadi selepas pukul 00.00 WIB hingga Minggu (9/6/2019) pagi nanti.

Dini hari nanti, dia memperkirakan pemudik dari pemudik yang bertolak dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ke Ibu kota bakal melintasi Kalimalang.

“Menjelang subuh itu peningkatannya bisa mencapai 50-60 persen. Diperkirakan malam ini sampai besok yang arus balik sudah puncaknya,” ujarnya.

Merujuk kebiasaan pemudik dari tahun ke tahun, dia menyebut pemudik yang melintasi Kalimalang pada dini hari didominasi pemudik roda empat.

Sementara lonjakan pemudik sepeda motor di jalur arteri Kalimalang diperkirakan terjadi sejak lewat tengah malam hingga pagi hari.

“Untuk roda empat itu biasanya menjelang subuh, kalau roda dua ya jam sekarang ini. Dua hari ini memang diprediksi jadi puncak arus balik, tapi diperkirakan puncaknya besok,” tuturnya. (wan).

Pos terkait