Coba Suap Polisi dengan Uang Pecahan Rp50 Ribu, Pemohon SIM Kena Getahnya

  • Whatsapp

Bekasi – Jangan berusaha mencari jalan pintas untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) di Satlantas Polres Metro Bekasi Kota.

Gara-gara hendak menyuap polisi, si pemohon berinisial BJ (43) justru harus berhadapan dengan hukum.

Hal tersebut terjadi ketika BJ sedang mengurus SIM. Dia hendak melaksanakan ujian praktik menyetir kendaraan roda 4 pada Sabtu,(15/6/209) tapi saat itu BJ dinyatakan tidak lulus oleh Aipda Budiarto, petugas ujian praktek.

Selanjutnya, Aipda Budiarto menyarakan agar BJ mengikuti ujian susulan pada Sabtu, 22 Juni 2019.

Namun, saat di dalam mobil praktek, tiba tiba BJ berusaha memasukan uang Rp 50 ke saku celana Budiarto dengan harapan bisa diluluskan namun ditolak Budiarto.

BJ pun tetap berusaha mencoba menyuap Aipda Budiarto. Gerah dengan sikap BJ yang terus mencoba menyuap, akhirnya Budiarto melaporkan BJ ke pimpinannya AKP Sri Indira dan selanjutnya dilaporkan dengan LP/1390/K/VI/SPKT/Restro Bks Kota tertanggal 15 Juni 2019

Akibat perbuatannya, BJ akan dikenakan pasal 5 ayat (1) hurif a atau pasal 53 KHUP jo pasal 5 ayat (1) hurif a UU no 20 Tahun 2001 tentang perubahan ata uu No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancama 5 tahun penjara.

Petugas pun mengamankan barang bukti berupa satu lembar uang pecahan Rp50 ribu rupiah (ton).

Pos terkait