Remaja Bekasi, Eka Rahmawati Ikut Lomba Membatik Tingkat Nasional

  • Whatsapp

Bekasi – Menjadi satu kebanggaan, salah satu warga Kota Bekasi dalam keikutsertaan di Final Lomba Membatik Tingkat Nasional tahun 2019 yang rencananya akan digelar di Museum Batik, Taman Mini Indonesia Indah, DKI Jakarta pada 2-4 Juli.

Adalah Eka Rahmawati, remaja kelahiran Bekasi, 23 Mei 1998 telah mengirimkan hasil karyanya dan kekhasan Batik Bekasi dan ikut dalam final lomba. Untuk  pendaftaran sekaligus mengirimkan karya batik telah dibuka sejak 2 Juni 2019 lalu.

Ketua Komunitas Batik Bekasi, Barito Hakim Putra menyampaikan salah satu warga Kota Bekasi bernama Eka Rahmawati ikut dalam lomba membatik tingkat nasional 2019 yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Eka Rahmawati ini juga pernah meraih juara 3 di lomba batik Kabupaten Bekasi dan mewakili Kota Bekasi dalam lomba tingkat nasional di tahun ini. Nanti mulai lomba desain hingga memberi warna batik hingga selesai,” kata Bariot, Jumat, (28/6/2019) di Bekasi.

Keikutsertaan Eka dalam lomba tingkat nasional ini, menurut Barito sangat membanggakan bagi Kota Bekasi. Dan diusia Eka yang masih sangat muda sudah peduli warisan budaya Bangsa Indonesia. termasuk Batik Bekasi yang kini memiliki 12 Pakem Corak Batik dan sudah dipatenkan Ditjen HAKI, pada 10 Maret 2014 tepat diusia Kota Bekasi Ke-22 Tahun. Bahkan kata dia corak batik Bekasi terus berkembang diajarkan kepada masyarakat.

“Eka membuktikan dirinya terus berupaya melestarikan budaya bangsa Indonesia sekaligus membawa nama Kota Bekasi ke tingkat Nasional. Dan terpenting kita semua sadar akan batik harus  terus dilestarikan, dan dikembangkan sebagai amanah dan warisan leluhur yang sudah diakui dunia,” kata Barito.

Sementara itu, Eka Rahmawati mengatakan dirinya senang bisa ikut dalam lomba membatik tingkat nasional. Harapan kedepan ia bisa meraih prestasi dan membawa nama baik Kota Bekasi.

READ  Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Deklarasi Anti Berita Hoax dan Radikalisme

“Senang sekali dan semoga bisa terus belajar, menambah pengalaman tentang Batik Bekasi dan Batik Nusantara,” kata Eka. (ton)

Advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.