Cara Sehat Menikmati Sambal Goreng Kentang Dkk Saat Lebaran

  • Whatsapp

Jakarta – Lebaran tak bisa lepas dari makanan enak, mulai dari rendang hingga sambal goreng kentang ati. Tentu ada risikonya bila berlebihan, tetapi siapa sih yang mau dilarang-larang untuk sebuah pesta yang hanya setahun sekali?.

Bahaya makanan bersantan antara lain tersembunyi dari kandungan lemaknya. Bagi tubuh, asupan lemak yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

“Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah tidak baik untuk kesehatan,” kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, praktisi kesehatan dari RS Cipto Mengunkusumo.

Tak heran bila dr Ari menyebut, minggu-minggu pertama pasca Lebaran banyak terjadi kekambuhan penyakit kronis. Pola makan yang tidak terkontrol menjadi salah satu penyebabnya.

Tentu saja tidak mungkin untuk menghindari sama sekali makanan enak yang mungkin hanya tersaji setahun sekali. Membatasi diri untuk tidak berlebihan rasanya sudah sangat membantu.

Disarankan pula untuk mengimbangi asupan makanan berlemak dan berkalori tinggi dengan buah dan sayuran. Kandungan lemak di dalam makanan tersebut bisa membantu menghambat penyerapan lemak-lemak jahat.

“Banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 servings saat makan pagi, siang dan malam dan di sela-sela makan tersebut,” saran dr Ari. (tya).

Advertisement
READ  PDAM Tirta Patriot Gelar Bakti Sosial

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.