Smile Train Buat 75000 Anak Indonesia Tersenyum Kembali

Jakarta-Smile Train sebagai organisasi nirlaba terbesar di dunia, yang memberikan operasi perbaikan celah bibir dan Iangit, perawatan celah bibir dan langit untuk kualitas hidup dan masa depan anak yang lebih baik juga berkomprehensif yang merupakan fokus Smile Train,

Pada kesempatan ini, hadir pula Letkol. Ckm. dr. Denny lrwansyah, SpBP-RE, dokter spesialis bedah plastik dan rekonstruksi, Deasy Larasati, Program Director & Country Manager Smile Train Indonesia, dan Bunga Jelitha, duta Smile Train Indonesia.

Berdasarkan data Smile Train, rata-rata setiap tahunnya sebanyak 8.000-9.000 bayi terlahir dengan kondisi celah bibir atau celah langit di Indonesia. Celah bibir dan Iangit merupakan kondisi dimana terdapat celah diantara rongga mulut dan rongga hidung akibat ketidaksempurnaan proses penyatuan bibir dan lelangit pada masa perkembangan janin. Anak dengan celah Iangit/bibir tidak bisa makan dan berbicara dengan benar, serta seringkali tidak bersekolah atau melakukan aktivitas seperti pada umumnya, dengan operasi, dapat mengembalikan fungsi anggota tubuh dan mampu mencapai tampilan dengan bekas luka minimal.

”Operasi adalah tindakan medis paling utama untuk menyatukan celah bibir/langit pada bayi maupun anak-anak. Dengan operasi, tidak hanya mengembalikan bentuk anatomi mendekati normal dengan memperhatikan aspek estetis wajah, namun juga memperbaiki fungsi bicara, makan dan psikologis anak serta keluarganya. Tidak semua anak akan melalui operasi yang sama. Hal ini bergantung pada usia dan kondisi celah yang dialami. Pada beberapa kasus, terkadang perlu operasi tambahan seperti operasi cangkok tulang, rhinoplasty atau operasi untuk memperbaiki bentuk hidung, operasi perbaikan rahang, atau operasi saluran telinga,”kata Letkol. Ckm. dr. Denny lrwansyah, SpBP-RE, dokter spesialis bedah plastic dan rekonstruksi, yang juga merupakan Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik (PERAPI.

”Smile Train sebagai lembaga amal sejak 2002,  yang fokus menyediakan 100% operasi gratis perbaikan celah bibir/Iangit, kami menggunakan pendekatan berkelanjutan dan komprehensif di Indonesia dan telah mengembangkan kemitraan di Iebih dari 85 rumah sakit di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Smile Train telah membantu Iebih dari 75.000 anak Indonesia mendapatkan senyumnya kembali, “jelas Deasy Larasati, Program Director dan Country Manager Smile Train Indonesia, Hotel Mercure Cikini Jakarta (13/05/19).

Tidak hanya memberikan operasi gratis, Smile Train juga memberikan perawatan paska operasi dan terapi yang perlu dilakukan oleh anak yang telah melalui operasi. Tujuannya adalah untuk memastikan kemampuan anak agar dapat makan, berbicara, mendengar dan bernapas seperti seharusnya. Terapi yang dilakukan diantaranya terapi bicara, ortodontik, dan lainnya. Perawatan dan terapi yang komprehensif akan melibatkan tim dokter spesialis karena berkaitan dengan area lain dari kesehatan anak. Tim dokter spesialis yang terlibat akan mencakup dokter anak, dokter bedah, dokter gigi, dokter THT, hingga ahli gizi.

”Masih banyak anak di berbagai penjuru Indonesia yang belum mendapat perawatan komprehensif untuk celah bibir dan celah langit. Melalui kegiatan ini, kami berharap lebih banyak anak Indonesia dapat tersenyum kembali, dan menatap masa depan yang lebih baik,”tutup Deasy Larasati.(Evelyne)

Pos terkait