oleh

Gubernur DKI: ASN Turut Tanggung Jawab Soal Pendidikan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan tanggung jawab pendidikan di Jakarta tidak hanya menjadi tanggung jawab dinas pendidikan saja. Melainkan, juga tanggung jawab seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintahan Provinsi DKI.

“Saya berharap kepada seluruh jajaran di mana pun, di SKPD, UKPD mana pun, jangan anggap urusan pendidikan adalah urusan dinas pendidikan saja, urusan pendidikan adalah urusan kita semua,” kata Anies, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Dia mengimbau supaya seluruh sekolah dan tempat pendidikan dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Para guru diminta bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi, tanpa melupakan budaya Indonesia.

“Saat ini, peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru, untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia, melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat,” tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, ini.

Selain itu, dia menyampaikan pesan, pada peringatan Hardiknas ini, para pengajar mengawasi perilaku dan sikap peserta didik di tengah perkembangan teknologi yang pesat. Meski begitu, para guru juga diminta untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang berkualitas.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa, di tengah perubahan global yang bergerak cepat,” ungkapnya.

Ia meminta masyarakat tidak hanya menitipkan pendidikan kepada sekolah saja, tetapi juga turut aktif mendidik anak-anaknya di rumah.

“Urusan pendidikan yang tadi disebut ada tiga sentra, yakni pendidikan di rumah, di sekolah, dan di masyarakat. Kita punya tanggung jawab untuk ikut memajukan pendidikan di masyarakat,” jelasnya. (tya). 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed