oleh

Respon Hasil Quick Count Diminta Tak Berlebihan

-Beranda, Daerah-226 views

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga untuk bersabar dan tidak merespons secara berlebihan hasil hitung cepat alias quick count Pemilu 2019.

“Saya imbau tidak perlu ada eskpresi-ekspresi berlebihan. Yang menang tidak jemawa, yang tidak (menang) juga enggak usah gimana-gimana,” kata Ridwan Kamil setelah mencoblos di TPS 32, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Rabu (17/4/2019) siang.

Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi, publikasi hasil quick countPemilu 2019 baru dapat dilakukan pukul 15.00 WIB atau dua jam setelah pemungutan suara di Indonesia bagian barat selesai dilakukan.

Secara spesifik aturan publikasi hitung cepat pemilu ini dalam Pasal 449 ayat (2), ayat (5) Undang-Undang Pemilu. Ridwan Kamil meminta agar semua pihak menaati prosedur yang telah ditetapkan.

Imbauan untuk tidak terlarut ke dalam euforia berlebihan juga diutarakan dengan meminta warga tidak tumpah ruah dalam pesta perayaan dengan pengumpulan massa untuk melakukan ragam rupa selebrasi di jalanan.

“Negeri kita sudah terlatih pesta demokrasi. Jadi, kita imbau tidak ada pengumpulan-pengumpulan massa ke jalan-jalan sehingga gangu ketertiban. Mendingan kumpul sama keluarga. Yang mau belanja, ada diskon dan jadikan ini pesta budaya, sesuatu yang menyenangkan bukan menegangkan,” ujar dia. (muh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed