oleh

Persiapkan Keuanganmu, Lebaran Kurang dari 2 Bulan Lagi

Jakarta – Tak terasa, mudik lebaran bakal berlangsung kurang dari 2 bulan lagi. Berbagai persiapan pun perlu dilakukan, tak terkecuali soal pengelolaan keuangan.

Hal itu diamini oleh Perencana Keuangan dari Finansia Consulting Eko Indarto. Ia menilai jelang mudik lebaran akan banyak hal yang mesti dipikirkan. Mulai dari kebutuhan transportasi ke kampung halaman, aneka keperluan yang dibawa saat mudik, hingga mengamankan keuangan setelah masa mudik nantinya.

Tak elak, hal yang penting untuk diperhatikan untuk pengelolaan keuangan jelang mudik, kata Eko, ialah mengatur prioritas.

“Yang mau diprioritaskan apakah biaya transportasi (mudik), atau biaya untuk hidup di sana. Tergantung yang mau pulang kampung tadi,” katanya kepada wartawan, Minggu (14/4/2019).

Selama pengaturan keuangan itu, Eko juga menyarankan agar pemudik mempertimbangkan fenomena kenaikan harga bahan-bahan kebutuhan saat jelang lebaran. Maka dari itu, menurutnya penting agar menyiapkan uang cadangan untuk mengantisipasi itu.

“Memang sebenarnya THR (Tunjangan Hari Raya) bisa digunakan, cuma pasti enggak akan cukup karena biasanya harga-harga juga naik. Jadi mau enggak mau dia harus disiapkan dari sekarang,” imbuh dia.

Selagi masih ada waktu, setidaknya 1,5 bulan lagi, Eko menekankan agar pemudik bisa menyisihkan porsi uang lebih untuk digunakan saat momen mudik lebaran.

“Jika memang merasa tahun lalu kurang THR-nya maka dia harus mempersiapkan dari sekarang nih,” tutupnya (kum).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed