Sambut Hari Jadinya ke-22, Maskot Kota Bekasi Pecahkan Rekor MURI

  • Whatsapp

Bekasi – Maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih ukuran raksasa setinggi sembilan meter mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia Dunia (MURI).

Maskot yang dipamerkan dalam acara Festival Budaya Bekasi ini merupakan bagian dari peringatan hari jadi Kota Bekasi ke 22 tahun, Minggu, 10 Maret 2019.

Piagam pemecahan rekor diberikan langsung Manager Rekor MURI, Triyono, serta diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi Zarkasih, di acara Festival Budaya Bekasi yang berlangsung, di Fresh Market, Jalan Boulevard Grand Galaxy, Bekasi Selatah, Kota Bekasi.

Triyono mengatakan, maskot Bang Bek dan Mpok Asih berhasil memecahkan rekor sebgai maskot terbesar yang pernah ada.

Sebelumnya, rekor maskot terbesar pernah dibuat setinggi tujuh meter.

“Sebelumnya rekor maskot terbesar itu setinggi 7 meter, kali ini berhasil dipecahkan di Kota Bekasi dengan Maskot Bang Bek dan Mpok Asih setinggi 9 meter,” kata Triyono di Bekasi.

Dia berharap, dengan capaian yang telah diraih, kedepan maskot Bang Bek dan Mpok Asih ini bisa dapat lebih dikenal bukan hanya di Kota Bekasi tapi di seluruh Indonesia.

“Ini bukan hanya rekor Indonesia, tetapi masuk pengharaan Museum Rekor Dunia-Indonesia,” jelas dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Disparbud Kota Bekasi Zarkasih. Dia berharap, pemecahan rekor maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih ini dapat meningkatkan popularitas ciri khas kota berjuluk Kota Patriot.

“Alhamdulillah, maskot Kota Bekasi jadi adalah patung terbesar di Indonesia. Masuk rekor Muri. Tentunya maskot ini punya filosofi tentang sejarah serta ciri khas yang ada di Kota Bekasi. Semoga maskot ini semakin terkenal tidak hanya di Bekasi tapi luar Bekasi,” katanya.

Ketua Panitia Festival Budaya Bekasi, Setiawan Coco, menjelaskan, pembuatan maskot raksasa ino telah dipersiapkan selama satu bulan.

Maskot tersebut dibuat dari material bambu dan serat tekstil yang dirangkai hingga memilki tunggi 9 meter dan lebar 6 meter.

“Kita bersyukur diberi kepercayaan ini untuk menyelenggarakan acara Hut Kota Bekasi. Acara ini tanpa dana APBD, dana acara ini murni dari partisipasi dan swadaya masyarakat Kota Bekasi. Termasuk pembuatan Maskot Bang Bek dan Mpok Asih yang berhasil memecahkan rekor Muri jadi maskot terbesar,” katanya.

Bang Bek dan Mpok Asih pertama kali diperkenalkan sejak pada 2017 silam, lahir berkat sayembara yang dibuat Pemkot Bekasi agar masyarakat ikut andil dalam penetuan maskot kota.

Maskot berbentuk sepasang boneka dengan penampilan pakaian khas jawara betawi dan none betawi itu, kini resmi jadi identitas baru Kota Bekasi.

Bang Bek adalah sebutan untuk boneka pria sedangkan Mpok Asih menjadi sebutan untuk boneka wanita, asal nama keduanya jika digabungkan menjadi Bek-Asih atau Bekasi. (ADV). 

Pos terkait