Ronde Ketiga Jokowi vs Prabowo di Debat Pilpres 2019

  • Whatsapp

Jakarta – Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berdebat di edisi keempat debat capres. Keduanya beradu ide soal ideologi, pemerintahan, keamanan, dan hubungan internasional.

Debat kali ini dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Jalannya debat akan dipandu moderator Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti. Debat akan berlangsung kurang lebih 2 jam.

Ada beberapa isu hangat terkait tema yang dinilai akan menjadi bahan perdebatan menarik antara keduanya. Misalnya saja isu soal pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan keamanan jelang Pemilu 2019.

Di era Jokowilah, HTI dibubarkan. Sementara Prabowo dan partai pendukungnya menilai HTI bukanlah ancaman sehingga harus dibubarkan melalui UU Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Dalam paparan visi misinya Jokowi, mengungkapkan soal pemerintahan di era digital. Pertahanan, bagi dia, bukan hanya soal perang fisik.

“Di bidang pemerintahan diperlukan pemerintahan Dilan, Digital Melayani. Oleh sebab itu, diperlukan reformasi dalam pelayanan publik lewat elektronik,” ungkap Jokowi.

Sementara Prabowo membeberkan soal magis Pancasila yang digagas oleh para pahlawan terdahulu. Ia menegaskan, tidak ada satupun yang bisa mengubah Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

“Bagi kami Pancasila adalah ideologi final. Pancasila adalah hasil suatu kompromi besar, suatu kecermelangan dari generasi pendiri kita,” kata Prabowo.

Advertisement
READ  Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Yang Diajukan Nur Supriyanto-Adhi Firdaus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.