Binar Academy Menghadirkan Retrospekt! Transformasi Digital Indonesia

Jakarta – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi turut membawa beragam perubahan dan mendorong hadirnya era baru, 4.0 maka dalam hal ini, membawa perubahan daIam berbagai aspek kehidupan, seperti digital economy, big data, robotic, hingga artificial intelligence.

Transformasi digital yang terjadi secara masif membawa tantangan tersendiri dan dibutuhkan keterlibatan semua pihak, seperti pemerintah, korporasi dan startup untuk bersama membentuk ekosistem digital yang kohesif, maka Binar Academy menghadirkan Retrospekt! di ICE BSD dengan tema #FailForward untuk menjadi wadah bagi para pakar untuk memulai dialog mengenai pengalaman kegagalannya sehingga bersama mampu berkolaborasi untuk semakin memajukan transformasi digital di Indonesia.

“Pengalaman di Binar Academy selama dua tahun dalam bidang pendidikan digital dan memberikan Iayanan transformasi digital semakin memperkuat hadirnya acara ini untuk mendorong terciptanya kolaborasi dalam era digital yang dipaparkan dalam riset McKinsey pada 2016 bertajuk “Unlocking Indonesia? Digital 0pportunity” yang menekankan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan swasta sangat diperlukan terutama dalam menaikkan nilai investasi teknologi informatika dari hulu hingga hilir agar kualitas infrastruktur, tingkat penetrasi masyarakat, serta produktivitas kerja semakin meningkat,” ujar Alamanda Shantika, CEO Binar Academy, ICE BSD Tangerang Sabtu, (16/03/19).

“Transformasi digital saat ini sudah menjangkau berbagai bidang dan mendorong Iahirnya startup. Akan tetapi kami melihat bahwa potensi besar Indonesia tidak akan dapat dipenuhi secara maksimal tanpa kerjasama antara pemerintah, korporat dan startup,” lanjut Alamanda.

Retrospekt! Conference mengangkat beragam topik yang dibahas secara mendalam oleh para pakar dari berbagai jenis industri mulai dari media hingga perbankan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pun turut hadir sebagai pembicara dan memaparkan pandangan pemerintah mengenai kondisi transformasi digital saat ini.

“Kita semua tentu sudah tahu betapa pesatnya perkembangan digital di Indonesia, pengguna internet yang semakin bertambah di setiap pelosok negeri hingga melesatnya pertumbuhan startup. Tetapi dibutuhkan kontribusi semua pihak agar manfaat dari transformasi digital dapat dirasakan secara menyeluruh baik melalui kolaborasi maupun peningkatan kualitas pendidikan digital bagi SDM,” kata Rudiantara, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri memiliki program Digital Talent Scholarship yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah serta kualitas SDM agar siap transformasi digital Indonesia.

Program ini dapat menjadi salah satu sarana di mana pihak korporat, startup, komunitas, dan media dapat berkolaborasi dengan pemerintah.

Dengan pengalaman yang dimiliki dibidang digital, para pelaku startup data berbagi ilmu dan keherampilan yang saat ini dibutuhkan SDM.

Digital talent pool pun dapat dibentuk dan nantinya dapat membantu kebutuhan talenta para korporat dan startup.

Retrospekt! juga mendapat dukungan dari Tokopedia yang sebelumnya berkolaborasi kegiatan Hack of Thrones dan Sinar Mas Land yang mendukung pembukaan sarana edukasi digital Binar Academy di Digital Hub.

“Kami memberikan dukungan terhadap Binar Academy dan Retrospekt! karena kegiatan ini sejalan dengan keinginan kuat dari Sinar Mas Land dalam mendukung Indonesia di era digital, untuk sumber daya manusia Indonesia yang memiliki kompetensi developers kelas dunia sehingga mampu mendorong pengembangan ekonomi digital nasional.” ujar Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land

Kami berharap sebagai pusat digital talent beberapa Academy seperti Binar Academy, Apple iOS developer, Purwadika IT School, Geeksfarm, Esport training center, di BSD dapat menjawab kebutuhan talent kedepan.

Tokopedia sangat menyambut baik diadakannya Retrospekt! dan berharap dapat membuka berbagai kesempatan kolaborasi yang kontributif terhadap ekosistem digital di Indonesia.

“Sebagai perusahaan teknologi yang tidak pernah berhenti fokus terhadap misi pemerataan ekonomi melalui teknologi, Tokopedia sangat menghargai talenta digital muda yang senantiasa berperan besar dalam kemajuan ekonomi digital Indonesia.” ujar Priscilla Anais, CEO

Kegiatan Retrospekt! job fair yang diikuti oleh berbagai perusahaan serta startup dari berbagai lndustri seperti Tokopedia, Bank BTPN, 0V0, Sinar Mas Land, Telkomsigma, Orang Tua Group, dan lainnya yang memiliki Iowongan pekerjaan di bidang digital dan kreatif.

Retrospekt! Job Fair mengusung konsep unik yaitu sistem yang tidak menggunakan kertas sama sekali atau 100% paperless system. Digital Job Fair ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

‘Mungkin kita sudah banyak mendengar kisah sukses. Akan tetapi, banyak pula pelajaran yang bisa diambil dari kisah mengenai kegagalan, karena bersama-sama kita bisa berkolaborasi untuk solusi-solusi transformasi digital Indonesia selangkah lebih maju dan tidak hanya pemerintah, korporat, dan startup saja, saya berharap talenta digital muda Indonesia semakin terpacu untuk memberikan kontribusinya bagi bangsa ini,” tutup Alamanda. (evelyne)

Pos terkait